Usung Petahana di Pilbup Kukar 2020, DPW PAN Kaltim Surati DPP

Suriyatman - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 19:26 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi pilkada (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Samarinda -

DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Timur (Kaltim) menunjuk Edi Darmansyah sebagai bakal calon Bupati Kutai Kartanegara (Kukar). DPW PAN Kaltim memutuskan memasangkan Edi dengan Rendi Solihin untuk maju pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kukar.

Sosok Edi Darmansyah menduduki peringkat teratas pada survei internal yang dilakukan DPW PAN Kaltim. DPW PAN Kaltim sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) yang menyatakan mendukung Edi-Rendi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kukar.

Surat tertanggal 5 Juni 2020 tersebut ditandatangani oleh Ketua DPW PAN Kaltim H Muhamamad Darlis Pattalongi dan Sekretaris Zain Taufik Norrohman. Saat dimintai konfirmasi, Darlis Pantolongi membenarkan bahwa surat yang beredar tersebut dikeluarkan oleh DPW PAN Kaltim sesuai dengan keputusan rapat DPW PAN Kaltim.

"Benar alias betul, tapi untuk mendapat info soal prosesnya, sebaiknya menghubungi Mas Zain, ya," kata Darlis melalui telepon selulernya Rabu (17/6/2020).

"Ini kan sudah masanya, justru kalau adem ayem saja, perlu dipertanyakan itu ada apa," tutur Darlis sembari tertawa saat ditanya soal masih banyak partai yang belum menentukan pilihan.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Kaltim Zain Taufik Norrohman mengatakan dukungan itu diberikan setelah DPW berkoordinasi dengan DPD PAN Kukar. Mereka bersepakat dan memutuskan mengusung Edi-Rendi.

"Wajar jika surat itu kami keluarkan sekarang karena sejak Ketua DPW PAN Kaltim memutuskan tidak maju pada Pilkada Kukar, PAN segera melakukan komunikasi dengan berbagai elemen, termasuk dengan Bapak Edy Darmansyah," kata Zain.

DPW PAN Kaltim menyatakan mendukung Edi-Rendi karena pertimbangan elektabilitas dan pengalaman. Selain itu, Edi dianggap mampu melanjutkan pembangunan yang sudah dicapai.

"Kita sudah melakukan survei di internal dan menempatkan Pak Edi sebagai calon populer dan elektabilitasnya di urutan atas," kata Zain.

Permohonan SK dukungan tersebut sudah dikirim ke DPP. Dia mengatakan keputusan final ada di tangan DPP.

"Satu minggu yang lalu kita kirim. Tentu DPP akan memanggil yang bersangkutan (Edi-Rendi). Kita berharap Ini bisa disetujui, karena keputusan final ada di DPP," tutur Zain.

Sementara itu, Edi Darmansyah melalui pesan singkatnya mengaku berterima kasih atas dukungan yang diberikan PAN Kaltim. "Kami memang sedang berusaha untuk mendapatkan dukungan dari partai partai untuk berkoalisi," kata Edi melalui pesan singkatnya.

Sementara itu, selain PAN, ada empat partai yang sudah menyatakan dukungannya ke Edi-Rendi, yakni PDIP, PKS, NasDem, dan Perindo. Dukungan dari lima parpol ini membuat total ada 18 kursi. Jumlah tersebut lebih dari cukup sebagai persyaratan mengusung pasangan calon, yang hanya butuh 9 kursi.

(jbr/jbr)