dr Reisa Wanti-wanti soal Olahraga di Luar Ruangan: Jangan Malah Berkerumun

ADVERTISEMENT

dr Reisa Wanti-wanti soal Olahraga di Luar Ruangan: Jangan Malah Berkerumun

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 16:34 WIB
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional, dr Reisa Broto Asmoro (dok. BNPB)
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr Reisa Broto Asmoro (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat untuk tidak berolahraga berat di masa pandemi Corona (COVID-19). Sebab, olahraga berat justru berisiko terhadap penularan COVID-19.

"Olahraga teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh kita. Tetapi, untuk masa pandemi ini, olahraga yang disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah olahraga dalam intensitas ringan hingga sedang," ujar Reisa dalam siaran langsung yang disiarkan akun YouTube BNPB, Rabu (17/6/2020).

"Olahraga berat tidak disarankan terlebih dahulu karena pasca-berolahraga tubuh kita membutuhkan waktu untuk ke kondisi normal atau fit. Proses ini membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan kita berolahraga ringan. Dan hal ini akan membuat kita lebih berisiko terinfeksi," tambahnya.

Reisa mengatakan olahraga bertujuan menyehatkan badan. Namun masyarakat diminta memperhatikan tingkat kebugaran dan risiko kesehatan sebelum berolahraga.

"Ketika kita sudah memutuskan suatu jenis olahraga tertentu, pertama, pastikan aman dari COVID-19. Kalau kita merasa berolahraga di luar rumah tidak aman karena banyak kerumunan orang atau wilayah kita sedang merebak wabah penyakit, sebaiknya tetap olahraga di rumah saja," ujar dia.

Reisa mengatakan masyarakat punya banyak opsi saat berolahraga di rumah. Olahraga ringan juga bisa dilakukan dengan bantuan barang-barang yang ada di rumah.

"Banyak opsi kita pilih untuk berolahraga di rumah, seperti senam SKJ, zumba, yoga, dan lain-lain. Atau menggunakan barang yang bisa kita temukan di rumah, seperti memanfaatkan kursi, botol air minum, tangga, dan sebagainya," tuturnya.

Simak video 'Kata Warga Saat Bisa Olahraga Kembali di GBK':

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT