Polisi Ungkap Jejak Russ Medlin di Jakarta: Pernah Tinggal di Apartemen

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 15:17 WIB
Russ Albert Medlin ditangkap penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Kebayoran Baru, Jaksel. Medlin merupakan buronan FBI yang dicari sejak 2016.
Russ Medlin ditangkap di Jakarta Selatan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengungkap buron FBI, Russ Medlin, yang ditangkap terkait pencabulan anak di bawah umur, sempat berpindah-pindah tempat tinggal ketika berada di Indonesia. Sebelum menyewa rumah di Kebayoran Baru, Jaksel, pria bernama lengkap Russ Albert Medlin ini tinggal di apartemen.

"Sebelum di lokasi penangkapan atau tempat terakhir, dia sempat mengontrak di salah satu apartemen di Jakarta sini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (17/6/2020).

Pria WN Amerika Serikat ini diketahui bolak-balik Indonesia sejak 2019. Russ Medlin keluar-masuk Indonesia dengan menggunakan visa turis.

"Pada saat kapan dia ke luar Jakarta, yaitu saat melaksanakan perpanjangan visanya karena visanya visa turis ya, ke Singapura, lalu balik lagi ke sini," ucapnya.

Seperti diketahui, kasus pencabulan Russ Medlin ini terungkap setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat. Masyarakat merasa curiga terhadap aktivitas Russ Medlin di rumah kontrakannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tim penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kemudian melakukan investigasi. Benar saja, saat itu polisi mendapati ada tiga anak perempuan baru keluar dari rumah tersebut.

Polisi kemudian menginterogasi ketiga korban ini. Mereka mengakui telah melakukan persetubuhan dengan Russ Medlin dengan imbalan sejumlah uang.

Simak video 'Polda Metro Jaya: Russ Medlin Buronan FBI Sejak Tahun 2016':