TNI Mulai Bersihkan Reruntuhan Rumah Akibat Pesawat Tempur Jatuh di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 11:35 WIB
Prajurit TNI mulai membersihkan reruntuhan rumah terdampak pesawat tempur jatuh di Riau (Chaidir-detikcom)
Foto: Prajurit TNI mulai membersihkan reruntuhan rumah terdampak pesawat tempur jatuh di Riau (Chaidir-detikcom)
Kampar -

Sejumlah prajurit TNI mulai membersihkan reruntuhan rumah yang terdampak pesawat tempur jatuh di Kampar, Riau. Alat berat juga terlihat dikerahkan untuk membantu proses pembersihan lokasi.

Pantauan detikcom di RT 4/RW 1, Blok F1, Perumahan Mutiara Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (17/6/2020), terlihat ada dua rumah yang rusak akibat tertimpa badan pesawat yang jatuh.

Tampak ada jelaga di dinding rumah yang masih berdiri. Sebagian dinding rumah terlihat roboh dan berserakan di lokasi.

Ada juga sejumlah besi diduga bagian dari pesawat tempur yang masih berada di lokasi. Prajurit TNI terlihat memberi batas agar warga tidak mendekat ke lokasi reruntuhan rumah.

Salah satu pemilik rumah yang terdampak pesawat tempur jatuh, Amir Hamzah Daulay, mengatakan rumah tersebut dalam keadaan kosong ketika peristiwa terjadi. Rumah itu rencananya disewakan.

"Kosong udah tiga bulan yang lewat dikosongkan," ucap Amir.

Dia menyebut pihak TNI AU telah mengatakan bakal mengganti kerusakan rumah tersebut. Amir menyerahkan proses tersebut kepada pihak TNI.

"Itu mau diganti katanya. Kita serahkan aja kepadanya bagaimana yang bagusnya. Yang penting rusak diganti," ucapnya.

Sebelumnya, pesawat tempur milik TNI AU berjenis hawk 209 dengan nomor registrasi TT 0209 jatuh di Kampar, Riau, pada Senin (15/6) pagi. Pesawat jatuh saat hendak mendarat usai latihan rutin.

(haf/idh)