Cerita RT soal Penggerebekan Russ Medlin di Jaksel: Polisi Dikira Rampok

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 10:42 WIB
Cerita RT soal Penggerebekan Russ Medlin: Polisi Dikira Rampok
Foto: (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Buronan federal bureau of investigation (FBI), Russ Medlin atau Russ Albert Medlin ditangkap di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selama di Indonesia, Russ Medlin menyewa rumah di kawasan Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ketua RT 02 RW 03 Kelurahan Pulo, Widyo Utomo mengetahui saat Russ Medlin digerebek pada Minggu (14/6) pukul 20.00 WIB. Widyo saat itu mendapatkan informasi bahwa rumah tersebut didatangi oleh beberapa orang polisi yang awalnya dikira sebagai perampok.

"Jadi sebetulnya kejadiannya jam 8 malam, udah mau tidur Hari Minggu. Ramai katanya di situ banyak polisi intel dikiranya narkoba, terus saya ke sana sama sekuriti di situ gadu semua. Alasannya ngadu banyak polisi loncat ke rumah," kata Widyo saat berbincang dengan detikcom, Rabu (16/6/2020).

Widyo kemudian menanyakan kepada polisi mengenai apa yang terjadi di rumah tersebut. Setelah mendapat penjelasan bahwa polisi sedang menangkap buron FBI, Widyo kemudian mengamati kegiatan tersebut.

"Sejam kemudian saya dipanggil masuk ke dalam terus kemudian ini 'Pak sebagai saksi' (memintanya menyaksikan) tiga perempuan yang juga ditangkap tangan. Saya dikasih lihat kertasnya (data)," ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, polisi menjelaskan alasan loncat pagar. Sebab, saat itu penghuni rumah tidak ada yang membuka pintu ketika polisi datang. Karena kejadian itu, warga pun sempat mengira bahwa polisi berpakaian bebas yang datang ke rumah tersebut adalah perampok.

Polda Metro Jaya: Russ Medlin Buronan FBI Sejak Tahun 2016: