Rektor UMN Diangkat Jadi Guru Besar Tamu di UCSI Malaysia

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 10:59 WIB
UMN
Foto: dok. UMN
Jakarta -

Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dr. Ninok Leksono diangkat sebagai guru besar tamu di University College Sedaya International (UCSI), sebuah universitas swasta di Malaysia. Sebagai guru besar tamu selama dua tahun, dirinya diharapkan dapat berbagi dengan mahasiswa dan staf UCSI University.

Dikutip dari website resmi UMN, kabar tersebut diterima melalui pengumuman resmi yang diberikan Founder dan CEO UCSI Group Peter Ng melalui Senior Vice President UCSI Group Dr. Toh Kian Kok pada Sabtu (13/6/2020) lalu. Dr. Ninok pun akan berkontribusi di Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Pengetahuan Budaya (Liberal Arts) di universitas tersebut.

Dengan pengalamannya di dunia jurnalistik dan industri media, Dr. Ninok diharapkan dapat membawa banyak wawasan dan meningkatkan eksposur Fakultas di UCSI.

"Pengalaman Dr. Ninok dalam bidang industri media diharapkan bisa mendorong maju jurnalisme di UCSI University," ungkap Dr Toh dikutip dari website resmi UMN, Rabu (17/6/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan selama menjabat sebagai Rektor UMN sejak tahun 2011, Dr. Ninok bersama Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerjasama Prof Muliawati G. Siswanto kerap menjalin kerja sama dan kemitraan dengan universitas di luar negeri. Antara lain dengan universitas-universitas di Australia, Asia, Eropa, dan Amerika.

Selain menjadi pemberi kuliah tamu di Malaysia, Dr. Ninok yang merupakan redaktur senior salah satu media di Indonesia ini juga memberikan kuliah tamu di Universitas Tampere Finlandia pada September 2019. Kiprah selanjutnya adalah memberi kuliah di China dan Filipina, serta tentu saja di UMN dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan internasional baik secara online maupun offline.

Sementara itu, kerja sama dan kemitraan tersebut bertujuan agar UMN berkembang menjadi universitas bertaraf internasional dan berdiri sejajar dengan universitas-universitas bergengsi di kancah global dengan membuka program-program bersama.

Adapun program tersebut seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, studi singkat maupun studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, serta kerja magang dan menyelenggarakan seminar maupun konferensi. Dalam hal-hal ini, Dr. Ninok pun akan berpartisipasi dengan memberikan kuliah umum dan kuliah tamu.

(ads/ads)