Polisi: Russ Medlin Akan Diproses Hukum di Indonesia terkait Pencabulan Anak

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 05:19 WIB
Russ Albert Medlin ditangkap penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Kebayoran Baru, Jaksel. Medlin merupakan buronan FBI yang dicari sejak 2016.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menetapkan Russ Medlin sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencabulan anak di bawah umur. Polda Metro pun memastikan buronan FBI itu akan diproses hukum di Indonesia.

"Jadi untuk ini kita akan tetap proses dengan hukum yang berada di Indonesia sambil menunggu request dari US Embassy yang sudah koordinasi dengan kami," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Roma Hutajulu saat dihubungi, Selasa (16/6/2020).

Roma mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Amerika Serikat (AS) terkait proses ekstradisi. Termasuk juga proses hukum terkait pencabulan anak yang dilakukan Medlin.

"Sambil menunggu ekstradisi itu dan kita udah berkoordinasi tetap akan memproses hukum terkait hukum yang dilakukan oleh tersangka di Indonesia," ucap Roma.

"Dalam hal ini adalah persetubuhan anak di bawah umur terhadap 3 orang yang dijelaskan tadi. Ini masih dilakukan pendalaman," sambungnya.

Atas perbuatannya Russ Medlin pun dijerat dengan Pasal 76 D jo Pasal 81 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak.