Tingkatkan Kapasitas Uji COVID, BPPT Luncurkan Mobile Lab Bio Safety

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 15:02 WIB
Hammam Riza (Dok. Istimewa)
Kepala BPPT Hammam Riza (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) untuk meningkatkan uji kapasitas tes COVID-19. Teknologi ini mempunyai kapasitas pemeriksaan swab sekitar 120 spesimen per 12 jam.

"Mobile Lab BSL-2 ini juga dilengkapi dengan 2 swab chamber, sehingga diharapkan Lab Mobile BSL2 ini dapat memberikan penguatan kapasitas pemeriksaan spesimen COVID-19 di wilayah DKI. Dengan sistem yang diterapkan dan tipe reagen yang digunakan, Mobile Lab BSL-2 ini mempunyai kapasitas pemeriksaan sekitar 120 spesimen per 12 jam," kata Kepala BPPT Hammam Riza, dalam sambutannya di acara peluncuran Mobile Lab BSL-2, Selasa (16/6/2020).

Hammam mengatakan Mobile Lab BSL-2 ini juga dilengkapi aplikasi pantau COVID-19. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk melewati prosedur swab test tanpa harus datang ke rumah sakit.

"Untuk mendukung kelengkapan data dan proses pelaporan hasil, Lab Mobile BSL-2 ini juga dilengkapi dengan aplikasi SIM BSL2, suatu aplikasi perangkuman data hasil pemeriksaan PCR yang telah mendapatkan verifikasi dari tenaga medis dan siap untuk diteruskan ke dalam sistem pelaporan nasional," ujar Hammam.

Dengan adanya laboratorium portabel ini, pengujian dapat dilakukan di berbagai daerah yang belum memiliki laboratorium standar BSL-2. Sampel COVID-19 pun dapat segera dianalisis tanpa perlu mengirimkan sampel ke pusat atau ke kota yang lebih besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2