Novel Baswedan Beri Dukungan ke Bintang Emon: Dia Suarakan Ketidakadilan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 15:01 WIB
Penyidik senior KPK Novel Baswedan diperiksa tim gabungan yang dibentuk Kapolri. Pemeriksaan itu terkait kasus teror penyiraman air keras yang menimpa dirinya.
Novel Baswedan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komika Bintang Emon sedang ramai diperbincangkan setelah mendapatkan serangan di media sosial, tak lama setelah menyuarakan kritik pada rendahnya tuntutan terhadap terdakwa penyerang Novel Baswedan. Novel memberikan dukungan kepada Bintang Emon.

Seperti dilihat detikcom, Selasa (16/6/2020), dukungan itu disampaikan Novel melalui video yang diunggah oleh akun Instagram @Novelbaswedanoffical. Video tersebut berdurasi 1 menit.

"Saya prihatin karena Bintang Emon seorang anak muda yang menyampaikan kritik sosial, menyuarakan kritik adanya suatu ketidakadilan atas suatu proses hukum yang dilakukan terhadap pelaku penyerangan atas diri saya. Proses itu tampak sekali keterlaluan, tampak sekali mempertontonkan wajah hukum yang buruk dan lucu sehingga saya melihat kritik sosial itu sudah pada tempatnya," kata Novel.

Bintang EmonBintang Emon (Instagram/@bintangemon)

"Tentunya saya berharap Bintang Emon kuat dan semakin matang dan cintai masyarakat. Dan pelaku sadar bahwa yang dilakukan ada keburukan dan berhenti membela orang yang dzolim," lanjutnya.

Untuk diketahui, nama Bintang Emon menjadi trending di linimasa Twitter lantaran video yang diunggahnya lewat Instagram miliknya. Video yang diunggahnya soal tuntutan penyerang Novel Baswedan.

"Katanya nggak sengaja, tapi kok bisa sih kena muka? Kan kita tinggal di bumi. Gravitasi pasti ke bawah. Nyiram badan nggak mungkin meleset ke muka, kecuali Pak Novel Baswedan emang jalannya handstand, bisa lu protes," ujar Bintang Emon dalam videonya.

"Pak hakim, saya niatnya nyiram badan. Cuma gegara dia jalannya bertingkah, jadi kena muka' Bisa, masuk akal. Kita cek, yang nggak normal cara jalannya Pak Novel Baswedan atau hukuman buat kasusnya?" tutur Bintang Emon lagi.

"Katanya cuma buat kasih pelajaran. Bos, lu kalau mau kasih pelajaran, Pak Novel Baswedan jalan lu pepet. Terus bisikin 'eh, tau nggak, kita punya grup yang nggak ada lunya lo', pergi. Nah, pasti insecure tuh, 'salah gue apa ya?' Introspeksi Pak Novel, pelajaran jatuhnya. Nah, air keras mah dari namanya juga keras, kekerasan. Nggak mungkin keairan," sambungnya.

Selain jadi trending di linimasa Twitter, belakangan diketahui Bintang Emon mendapat sejumlah teror dan tuduhan negatif. Salah satunya, Bintang Emon dituduh sebagai seorang pemakai narkoba. Bintang Emon lantas mengklarifikasi dengan mengunggah bukti pemeriksaan yang menyatakan dia tidak tidak menggunakan narkoba.

(ibh/fjp)