Masjid di Sarawak Tambah Kuota Jamaah Salat di Masjid Hingga 80 Orang

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 14:55 WIB
Ribuan jemaah datangi Masjid Raya Bandung untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah. Sejumlah protokol kesehatan pun diterapkan guna cegah penyebaran COVID-19.
Foto: Wisma Putra/Ilustrasi
Jakarta -

Dewan Islam Sarawak, Malaysia mengizinkan penambahan kuota jamaah hingga 80 orang bagi para jamaah yang ingin melaksanakan salat di dalam masjid. Sebelumnya, kapasitas salat di dalam masjid dibatasi hanya boleh 40 orang.

Menurut Sekretaris Dewan Islam Sarawak, Khalidi Ibrahim tambahan kuota akan mulai diterapkan pada hari Jumat (19/6/2020) nanti. Dengan begitu, para jamaah yang akan melaksanakan salat tidak akan berdesakan.

Khalidi juga mengingatkan agar para jamaah yang melaksanakan di dalam masjid mengikuti aturan yang ditetapkan demi mencegah penyebaran virus corona.

"(Semua jamaah) harus mematuhi pedoman yang ditetapkan di seluruh dan setelah pelaksanaan Recovery Movement Control Order (RMCO) yang dikeluarkan oleh Departemen Agama Islam Sarawak" jelas dia dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Bernama.

Untuk pelaksanaan salat Jumat, Dewan Islam Sarawak akan menambah kuota hingga 250 orang dari sebelumnya hanya 100 orang. Sedangkan, untuk masjid kecil kapasitasnya diharap bisa menyesuaikan.

Sementara itu, Divisi Pengembangan Masjid JAIS dalam pernyataan terpisah mulai mengizinkan umat Islam berziarah ke makam sesuai dengan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, pembersih tangan, dan hanya waktu kunjungan hanya 20 menit.

(pay/erd)