Siap-siap! Gerhana Matahari Cincin Terjadi di Indonesia 21 Juni

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 13:28 WIB
Gerhana matahari dapat terlihat di sejumlah wilayah di Indonesia. Di Bali, gerhana berlangsung mulai dari pukul 12.15 WITA. Begini penampakannya.
Foto ilustrasi gerhana matahari. (Istimewa/BMKG Wilayah III Denpasar)
Jakarta -

Gerhana matahari cincin akan terjadi di Indonesia pada hari Minggu (21/6) besok. Bersiaplah mengamati fenomena alam ini.

Dilansir Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, diakses detikcom pada Selasa (16/6/2020), Indonesia akan mengalami gerhana matahari bersama dengan negara-negara lainnya pada 21 Juni nanti.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 ini adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.

Gerhana matahari cincin juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara. Adapun kawasan Samudera Pasifik dapat mengamati gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Selanjutnya
Halaman
1 2