Begini Persiapan Trans Studio Mall Cibubur Jelang Pembukaan 18 Juni

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 12:56 WIB
Simulasi keadaan darurat di TSM Cibubur
Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom
Jakarta -

Memasuki periode penerapan new normal, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Depok kembali dibuka dengan menerapkan protokol khusus untuk mencegah penyebaran COVID-19. Salah satunya adalah Trans Studio Mall (TSM) Cibubur.

Mal yang berlokasi di Jalan Harjamukti, Cimanggis Kota Depok itu akan kembali beroperasi kembali secara terbatas mulai lusa, Kamis (18/6/2020). Hal ini dilakukan untuk memastikan beberapa persiapan protokol kesehatan tak ada kekurangan saat dibuka kembali pada situasi new normal.

"Karena lebih ke masalah persiapan dalam, dari kita lebih mau make sure lagi beberapa faktor, jadi kita buka belakangan, kita nggak pengin lonjakannya terlalu banyak di kita, biar masyarakat yang lain bisa kemana-mana dulu, terbagi lah. Kita make sure aja," ujar Head of Marketing and Communications Trans Studio Mall Cibubur Valentinus Siswandi kepada detikcom di Depok, Rabu (16/6/2020).

Valentinus pun menuturkan untuk kapasitas pengunjung saat pembukaan nanti akan ada pengurangan sekitar 30% sehingga tiap orang dapat menjaga jarak dan meminimalisir penyebaran pandemi dalam kehidupan kenormalan baru ini.

"Biasanya per hari itu kalau sebelum ada COVID-19, weekday itu sekitar 50-60 ribu pengunjung, dan weekend itu sekitar 80-90 ribu, itu per hari ya, bukan per jam, pada saat nanti buka operasional terbatas kita akan potong langsung 30% jumlahnya jadi kita akan jaga selama satu hari tersebut," terangnya.

Pihaknya juga akan memastikan semua pengunjung terkontrol setiap waktu sehingga tidak mengalami lonjakan.

"Semua kita akan hitung dengan sensor dan security ada checker dan dari situ kita akan ada akumulasi setiap jam akan kita kontrol sehingga akan ketahuan nih barometer pengunjung sudah sampai berapa," jelasnya.

Berikut serangkaian persiapan dan keamanan TSM Cibubur yang telah disiapkan sesuai dengan arahan dari pemerintah antara lain adalah:

1. Jam operasional terbatas (11.00 - 20.00)
2. Pengunjung diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum masuk kedalam mall
3. Wajib masker/ face shield untuk semua pengunjung, karyawan mall dan tenant
Pengecekan suhu untuk semua pengunjung, karyawan mall dan tenant (dibawah 37,3 derajad celcius)
4. Meminimalisir contact fisik dengan Touchless experience pengambilan tiket parkir, pembayaran parkir dengan menggunakan aplikasi
5. Proses disinfektan terjadwal di semua area mall dan tenant sebelum, sesudah dan pada saat jam operasional
6. Hand sanitizer yang tersedia secara mudah di area mall dan tenant
7. Petunjuk jaga jarak di area mall, toilet escalator, lift serta di dalam area tenant
8. Pembatasan jumlah customer yang masuk ke dalam mall dan yang berada di dalam tenant hingga 35% dari kapasitas normal

"Diharapkan dengan penerapan kebijakan transisi new normal ini, para pengunjung tetap dapat menikmati suasana belanja yang menyenangkan dengan tetap merasa aman dan nyaman," pungkasnya.

(akn/ega)