Ada Peminjaman Sepeda Gratis di Jakpus, Begini Mekanismenya

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 11:52 WIB
Program sepedaberbagi, pinjam gratis sepeda di Jakarta Pusat
Program sepedaberbagi, pinjam gratis sepeda di Jakarta Pusat (Foto: dok. sepedaberbagi)
Jakarta -

Sepeda kini mulai banyak dilirik masyarakat DKI Jakarta sebagai moda transporasi di masa pandemi virus Corona baru (COVID-19). Untuk memfasilitasi warga Jakarta yang tak punya sepeda, ada program sepedaberbagi yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan mobilisasi saat PSBB transisi.

Program sepedaberbagi diinisiasi oleh Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia yang bekerja sama dengan komunitas Bike to Work Indonesia. Ide sepedaberbagi awalnya terinspirasi dari program Lend a Bike di Filipina, yaitu sebuah gerakan masyarakat yang meminjamkan sepedanya yang tidak terpakai kepada orang yang membutuhkan moda transportasi aman di masa pandemi COVID-19.

"Sepedanya dari warga untuk warga lagi gitu. Nah kami terinspirasi dari situ, dari situ kita juga kayak, 'loh ini kan di sini sepeda juga lagi banyak orang yang mulai lirik', tapi kan nggak semuanya juga punya privilege untuk bisa punya sepeda, atau mereka juga mikir-mikir kayak 'kalau aku beli sepeda sekarang gimana ya, kepakai nggak ya?' masih ragu-ragu atau segala macam. Akhirnya kami coba set up sepedaberbagi ini," kata Communication and Partnership Manager ITDP Indonesia, Fani Rachmita, saat dihubungi detikcom, Selasa (16/6/2020).

Program sepedaberbagai ini merupakan program baru dan memiliki 5 sepeda di tahap awal yang bisa dipinjam secara gratis. Untuk menjaga kesehatan bersama, satu sepeda hanya bisa dipinjam oleh satu orang per hari dengan jam operasional 09.00-19.00 WIB.

"Jadi bener-bener murni meminjamkan. Mungkin kalau bahasa komersilnya sewa sepeda kali ya, tapi kita kan nggak tarik biaya. Kalau sekarang mungkin konsepnya kayak gitu, karena pertama sepedanya masih terbatas, di kami sekarang ada 5 sepeda yang bisa dipakai. Terus yang kedua karena alasan kesehatan kami tidak bisa meminjamkan kayak 1 sepeda itu dipakai beberapa kali oleh orang yang berbeda, karena nanti kebersihannya jadi tidak terjamin. Makanya untuk fase yang sekarang ini kami lagi trial and error, jadi untuk fase sekarang cuma bisa dipinjam 1 orang 1 hari," jelas Fani.

"Jadi mereka bisa ambil sepedanya, kami operasionalnya dari jam 9 (pagi) sampai jam 7 malam, mereka bisa ambil sepedanya di jam-jam itu dan dikembalikan juga berdasarkan operasional. Jadi mereka sebenernya bisa pinjam seharian untuk misalkan pergi ke kantor, ditaruh di kantornya, terus mereka kerja, pulangnya ditaruh lagi ke tempatnya ngambil, atau juga kegiatan lain," sambungnya.

Program sepedaberbagi, pinjam gratis sepeda di Jakarta PusatProgram sepedaberbagi, pinjam gratis sepeda di Jakarta Pusat Foto: dok. sepedaberbagi

Masyarakat yang ingin meminjam sepeda bisa menghubungi kontak yang ada di media sosial Instagram sepedaberbagi dan mengisi form data diri. Sepeda bisa diambil di Kantor ITDP, Jalan Johar, Jakarta Pusat dekat Stasiun Gondangdia dan bisa dikembalikan lagi ke Kantor ITDP maupun di parker sepeda Stasiun MRT Bundaran HI.

"Langsung WhatsApp ke hotline-nya, nanti ketika WhatsApp keluar form sederhana yang harus diisi, kayak nama, alamatnya di mana, keperluannya untuk apa, terus mau pinjamnya kapan, sampai jam berapa. Nanti dari situ akan kita bikinkan form yang lebih kayak perjanjian kalau orang ini minjam, terus nanti ada juga disclaimer-disclaimer, itu kita yang print. Jadi si peminjam cuma isi form yang di WhatsApp, nanti udah di-deal, 'oke saya ambil', tinggal kita kirimin digital suratnya, jadi mereka bisa baca. Jadi ketika mereka ambil sepedanya, mereka tinggal tanda tangan. Abis itu udah, langsung bisa dibawa sepedanya," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2