PSBB Transisi DKI, Kompleks GBK Disemprot Disinfektan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 11:07 WIB
Penyemprotan disinfektan di GBK Senayan, Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi Gunawan
Foto: Penyemprotan disinfektan di GBK Senayan. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom).
Jakarta -

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan virus Corona (COVID-19) dan menyambut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

Penyemprotan kali ini dilaksanakan bersama pihak manajemen GBK. Kegiatan penyemprotan dimulai pukul sekitar 09.00 WIB, Selasa (16/6/2020).

Penyemprotan disinfektan di GBK Senayan, Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi GunawanPenyemprotan disinfektan di GBK Senayan. Foto: (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom).

Saat dilakukan penyemprotan, terlihat beberapa warga masih berolahraga terutama di area lingkar dalam. Petugas terdengar memberi pengumuman adanya penyemprotan melalui pengeras suara agar tidak mengganggu kenyamanan warga yang sedang berolahraga.

Adapun lokasi penyemprotan berada di area ring 3 yaitu halaman venue dan ring 4 yaitu jalan-jalan protokol yang mengelilingi kawasan GBK, Jalan Asia Afrika Senayan, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Gerbang Pemuda.

"Kita melaksanakan disinfektan di sekitar Gelora Bung Karno. Kegiatan ini adalah rangkaian dari Dinas Gulkarmat DKI Jakarta yang diamanatkan dalam surat keputusan Gubernur No 462 Tahun 2020 bahwa Dinas Gulkarmat DKI Jakarta melakukan sterilisasi, disinfektan di lingkungan fasilitas umum, sosial, dan tempat peribadatan," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi Gunawan di Kompleks GBK.

Satriadi mengatakan pihaknya menurunkan 2 unit kendaraan high pressure, 2 unit kendaraan watermist, 5 unit kendaraan light fire truck, dan 20 unit power sprayer dengan 84 personel.

Penyemprotan disinfektan di GBK Senayan, Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi GunawanKepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi Gunawan Foto: (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom).

"Kita menggunakan unit pompa yang nanti keliling di sekitar jalan-jalan lingkungan GBK terutama protokol jalannya dan yang menggunakan sprayer itu masuk ke dalam ruangan stadionnya, jadi kami keliling di stadionnya dengan menggunakan sprayer, jadi ada dua tim," jelas Satriadi.

Dia mengungkapkan penyemprotan ini merupakan rangkaian kegiatan Dinas Gulkarmat DKI selama PSBB masa transisi. Satriadi berharap kegiatan ini bisa semakin memberi rasa aman kepada pengunjung GBK.

"Beberapa lokasi telah kami laksanakan, ini semua kaitan dengan masa transisi PSBB menuju masyarakat produktif, sehat, dan aman," tuturnya.

Usai Kompleks DPR, Giliran Stadion GBK Disemprot Disinfektan:

(elz/ear)