Round-Up

Fakta-fakta Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Kawasan Permukiman Warga

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 07:09 WIB
Bangkai pesawat tempur jenis Hawk 200 milik TNI yang jatuh di Kampar, Riau.
Foto: Bangkai pesawat tempur jenis Hawk 200 milik TNI yang jatuh di Kampar, Riau. (Foto Antara)
Pekanbaru -

Pesawat tempur milik TNI AU jatuh di kawasan permukiman warga Kampar, Riau. Tak ada korban jiwa akibat insiden ini.

Peristiwa ini terjadi di area Perum Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Riau, Senin (15/6/2020).

Pesawat tersebut jatuh saat hendak mendarat usai latihan terbang rutin. Berikut fakta-fakta terkait jatuhnya pesawat tempur tersebut:

1. Jatuh saat Latihan

Pesawat tempur milik TNI AU jatuh di Kampar, Riau, saat sedang latihan. Pesawat jatuh saat hendak kembali ke Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru.

"Itu pesawat dari Lanud Pekanbaru, latihan biasa, normal," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Fajar Adriyanto saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (15/6).

Pesawat jatuh sekitar 5 Km dari Lanud. Pesawat sempat mengeluarkan api saat terjatuh. Petugas pemadam kebakaran kemudian datang untuk proses pemadaman api.

"Lokasi kejadian di 5 km dari runway 36 Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru," kata Marsma Fajar.

2. Berjenis Hawk 209 Buatan 1990

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan pesawat tempur yang terjatuh berjenis Hawk 209 dengan nomor registrasi TT 0209. Pesawat tersebut buatan tahun 1990 dan sudah punya 3.100 jam terbang.

"Buatan tahun 1990 sampai saat ini usia airframe-nya sudah 3.100 jam," kata Marsekal Fadjar dalam konferensi pers di Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru, Riau, Senin (15/6).

Dia mengatakan usia dan jumlah jam tersebut tergolong normal. Dia mengatakan pihaknya bakal melakukan investigasi lengkap terkait jatuhnya pesawat ini.

"Ini sudah 3.100 (jam), tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit, normal dari sisi usia," ucapnya.

Pesawat ini didesain untuk melakukan penyerangan ke darat. Dilansir situs TNI Angkatan Udara (AU), diakses detikcom pada Senin (15/6/2020), Hawk 200 adalah pesawat buatan British Aerospace (BAE), Inggris. Pesawat ini mulai bergabung dengan TNI AU sejak 1996.

Spesifikasinya, pesawat ini bermesin Turbo Fan, 871 Adour twin-spool. Mesin turbofan rendah ini merupakan produk dari Rolls-Royce.

3. Dipastikan Layak Terbang

TNI AU akan menginvestigasi penyebab pesawat tempur jenis Hawk 209 jatuh di Kampar, Riau. TNI AU menegaskan kondisi pesawat itu layak terbang.

"Jadi pesawat ini layak terbang. Karena setiap pesawat yang akan digunakan melalui proses pengecekan terlebih dahulu," kata KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Fadjar menegaskan pesawat itu juga melakukan penerbangan beberapa hari sebelumnya. Tidak ada masalah dalam penerbangan sebelumnya.

"Pesawat ini beberapa hari sebelumnya juga dilaksanakan penerbangan, normal tidak ada permasalahan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3