Round-Up

Cerita Pilot Keluar dengan Kursi Lontar saat Pesawat Tempur Jatuh di Kampar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 05:43 WIB
Bangkai pesawat tempur jenis Hawk 200 milik TNI yang jatuh di Kampar, Riau.
Foto: Bangkai pesawat tempur jenis Hawk 200 milik TNI yang jatuh di Kampar, Riau. (Foto Antara)

Warga lainnya, Indra dan Subari, mengaku langsung mencari pilot yang disebut jatuh di sebelah rumahnya. Rumah lokasi pilot jatuh itu tak ada penghuninya.

Mereka juga mengaku mendengar pilot tersebut berteriak meminta tolong. Mereka mengaku melihat pilot dan parasut di lokasi itu.

Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail itu saat ini dirawat di rumah sakit. Sang pilot sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Saat ini berada di RSAU dr Soekirman Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Fajar Adriyanto dalam keterangannya, Senin (15/6).

Pesawat tempur Hawk 209 itu belum dievakuasi dari lokasi. Pesawat akan dievakuasi setelah proses investigasi selesai dilakukan.

"Belum (dievakuasi). Prosedurnya tidak boleh digeser atau dipindahkan sebelum Tim Penyelidikan Penyebab Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) dari Mabes TNI AU selesai melaksanakan tugasnya," kata Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Sus Muhammad Yuris, lewat pesan singkat, Senin (15/6).

Yuris mengatakan diperkirakan menghabiskan waktu selama dua pekan. "Waktu perkiraan," ucap Yuris.

Tonton juga video 'Cerita Warga Berjibaku Menolong Pilot Pesawat yang Jatuh di Riau':

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(lir/lir)