Sekolah di Zona Hijau Dibuka, Gugus Tugas Akan Uji Sampel Siswa Berkala

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 20:12 WIB
Doni Monardo
Doni Monardo (Foto: Dok. BNPB)
Jakarta -

Pemerintah memutuskan mempersilakan sekolah yang berada di zona hijau untuk dibuka kembali. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo menyatakan pihaknya bersama Kementerian Kesehatan siap melakukan uji sampel secara berkala kepada siswa sebagai upaya penanganan pandemi virus Corona.

"Kalau untuk sampel beberapa siswa sangat mungkin, kami bersama Pak Menteri Kesehatan tentu dengan senang hati menyiapkan sejumlah perlengkapan rapid test, juga mungkin sewaktu-waktu dilakukan PCR test," ungkap Doni dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Kemendikbud, Senin (15/6/2020).

Meski begitu, pemerintah tidak bisa memberikan pelayanan tes Corona kepada seluruh siswa. Ini mengingat jumlah siswa yang sangat banyak sehingga diperlukan dana besar.

"Tetapi kalau semua warga dilakukan rapid test rasanya tidak mungkin karena biayanya pasti akan sangat mahal karena jumlah yang akan dites semakin banyak dengan tentunya biaya sangat besar. Kita bantu tetapi tidak semuanya, pilihannya pada tempat-tempat tertentu," tutur Doni.

Kepala BNPB ini memastikan, Gugus Tugas akan selalu memberikan informasi terkait status setiap daerah yang dijadikan acuan Mendikbud bisa membuka kembali sekolah. Doni menyatakan, pemerintah akan selalu menjamin keselamatan seluruh warganya.

"Gugus Tugas akan selalu memberikan informasi sehingga sistem pendidikan di negara kita tetap terjamin keamanannya, kita tidak ingin ada anak-anak kita yang mengalami risiko terpapar karena kekuranghati-hatian dari kita semuanya," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2