Pesawat Jatuh di Riau Usai Latihan Bertiga, Pilot Lapor Keanehan di Mesin

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 15:46 WIB
Asap membubung dari pesawat milik TNI AU yang jatuh dan terbakar di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6/2020). Pihak TNI AU menyatakan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 tersebut jatuh menimpa rumah warga, namun tidak ada korban jiwa dan pilot pesawat atas nama Lettu Pnb Apriyanto Ismail berhasil keluar dengan kursi pelontar. ANTARA FOTO/Hendri/FBA/wsj.
Foto: Potret saat Pesawat Tempur Hawk 200 Jatuh dan Terbakar. (ANTARA FOTO/Hendri)
Pekanbaru -

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan pesawat tempur jenis Hawk 209 nomor registrasi TT 0209 yang jatuh di Kampar, Riau, baru pulang latihan. Ada tiga pesawat yang latihan.

"Kejadiannya pesawat ini bertiga setelah selesai melaksanakan latihan penembakan di daerah Siabu kembali untuk mendarat," kata Fadjar Prasetyo dalam konferensi pers di Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru, Senin (15/6/2020).

Fadjar mengatakan latihan di Siabu berjalan normal. Namun saat kembali, pesawat yang urutan terakhir mengalami kecelakaan saat akan mendarat.

"Saat kembali urutan-urutan 1, 2, 3 yang mengalami kecelakaan ini pada posisi yang terakhir yakni nomor 3. Pada saat final, jadi menjelang mendarat, pendaratan itu kira-kira 2 kilometer dari ujung landasan dengan ketinggian mungkin sekitar 500 feet ya," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2