Mengenal Rukun Iman dan Rukun Islam yang Perlu Diamalkan

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 12:24 WIB
Muslim man and woman praying for Allah in the mosque together.
Rukun iman dan rukun islam. Foto: Getty Images/iStockphoto/FS-Stock
Jakarta -

Di dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah pada Kitab Iman dijelaskan soal pengertian Iman sebagaimana dijelaskan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Diceritakan pada suatu hari para sahabat melihat Nabi Muhammad SAW.

Salah seorang sahabat kemudian mendatangi putra Abdullah bin Abdul Muthalib tersebut dan bertanya,"Wahai Rasulullah, Apakah iman itu?"

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Iman artinya engkau percaya kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan engkau beriman kepada kebangkitan."

Pengertian Iman juga disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim dari Umar bin Khatthab radhiyallahu'anhu. Pada suatu hari Rasulullah SAW didatangi oleh Malaikat Jibril. Kepada Rasulullah, Jibril bertanya, "Beritahukanlah kepadaku apa itu iman."

Rasulullah bersabda yang artinya: " Iman itu artinya engkau beriman kepada Allah, para malaikat-malaikat Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk."


Berdasarkan dua hadits tersebut, ada enam Rukun Iman yaitu:

1. Beriman kepada Allah
2. Beriman kepada malaikat-malaikat Allah
3. Beriman kepada kitab-kitab Allah
4. Beriman kepada rasul-rasul Allah
5. Beriman kepada hari akhir
6. Beriman kepada takdir bahwa baik dan buruk itu dari Allah SWT

Masih dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah, setelah mendapat jawaban dari Rasulullah tentang pengertian iman sang sahabat kemudian bertanya, "Apakah Islam itu".

Rasulullah SAW bersabda:

"Islam itu adalah engkau beribadah kepada Allah, tidak menyekutukannya, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan Ramadhan."


Diriwayatkan juga dari Ibnu Umar dalam hadits Imam Al Bukhari dikutip dari Kitab Al-Lu lu wal Marjan karya Muhammad Fuad Abdul Baqi, Rasulullah SAW bersabda:

"Islam dibangun di atas lima pondasi, yaitu kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji dan puasa pada bulan Ramadhan."


Dari hadits tersebut para ulama kemudian menyebutkan ada 5 rukun islam yakni:

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
2. Mendirikan Sholat
3. Mengeluarkan zakat
4. Berpuasa dalam bulan Ramadhan
5. Menunaikan ibadah haji bila mampu.

(lus/erd)