Puskesmas Tanah Abang Gelar Tes Corona di Pasar Binaan Warga Jati Baru

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 11:32 WIB
Puskesmas Tanah Abang Gelar Tes Corona di Pasar Binaan Warga Jati Baru (Foto: Tiara/detikcom)
Foto: Puskesmas Tanah Abang Gelar Tes Corona di Pasar Binaan Warga Jati Baru (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat menggelar tes virus Corona (COVID-19) massal. Rapid test dan swab test tersebut digelar di area Pasar Binaan Warga Jati Baru.

Pantauan detikcom pada Senin (15/6/2020) pukul 10.31, sebanyak 13 tenaga kesehatan sedang berada di posko pemeriksaan. Posko ini berdiri di depan pintu masuk Pasar Binaan Warga Jati Baru, Jakarta Pusat.

"Hari ini adalah rapid test dan swab test massal di kelurahan waspada Covid-19 yaitu Kampung Bali dan pasar," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Sari Ulfa saat ditemui di Pasar Binaan Warga Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2020).

Masyarakat yang diperiksa terdiri dari pedagang pasar, warga Kelurahan Kampung Bali dan petugas sekitar. Mereka tampak duduk dan menunggu antrean dengan tertib.

Tenaga kesehatan (nakes) tampak menggunakan atribut Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Sebelum diperiksa, masyarakat akan ditanya terlebih dahulu seputar riwayat perjalanan.

Puskesmas Tanah Abang Gelar Tes Corona di Pasar Binaan Warga Jati Baru (Foto: Tiara/detikcom)Puskesmas Tanah Abang Gelar Tes Corona di Pasar Binaan Warga Jati Baru (Foto: Tiara/detikcom)

Sari mengungkapkan sebanyak 140 alat tes massal disediakan utuk kegiatan hari ini. Terdiri dari 100 rapid tes dan 40 swab tes atau PCR.

Hasil rapid tes bisa ditunggu dalam waktu 15-20 menit. Sementara, untuk swab test hasilnya baru keluar dalam 2-3 hari kemudian.

"Jadi gini kami punya target minimal 40 swab test pcr dulu untuk 40 orang berbeda. Kemudian setelah itu ada juga rapid tes 100 hari ini. Nah kalau hasil swab test kan 2-3 hari ya ke laboratorium. Kalau yang rapid tes hari ini kira-kira 15-20 menit hasil. Kalau reaktif kita ambil untuk swab lagi," ungkapnya.

Tes Corona massal ini dilakukan bekerja sama dengan tim Puskesmas Kelurahan dan aparat kepolisian setempat. "Tim kami ini dari puskesmas Kecamatan Tanah Abang beserta puskesmas kelurahan dan juga koordinasi dengan lintas sektor tiga pilar di Kecamatan Tanah Abang, jadi ada Pak Camat, Kapolsek, Bu Lurah seperti itu," kata Sari.

(mae/mae)