Polisi Tangkap Maling Spion Modus Congkel di Jakut yang Viral di Medsos

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 14:20 WIB
Ilustrasi Pencurian Mobil
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap 2 pelaku spesialis pencurian dengan modus mencongkel spion di Sunter, Jakarta Utara (Jakut). Polisi menyebut aksi pencurian yang dilakukan oleh kedua pelaku itu terekam CCTV dan sempat viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut kedua pelaku itu adalah Singgih (18) dan Febri (20). Pelaku, kata Yusri, telah sering melakukan aksi pencurian kaca spion mobil di wilayah Jakarta Utara.

"Kedua pelaku diamankan ke Mako Polres Jakut dan hasil interogasi pelaku sudah melakukan tindak pidana tersebut 6 kali," kata Yusri dalam keterangannya, Minggu (14/6/2020).

Yusri menjelaskan para pelaku pertama kali beraksi itu pada 17 Juli 2019. Kemudian pada 13 Juni 2020 kembali beraksi di Blok A RT 3 RW 9, Sunter Agung, Jakut. Kali ini rekaman CCTV aksi para pelaku viral di media sosial.

"Saat korban keluar rumah kaget melihat spion mobilnya Terios patah dan tergelantung, lalu korban melihat rekaman CCTV-nya benar saja ada beberapa orang yang ingin mencurinya pada jam 03.00, dan ternyata tetangganya pun yang hanya berjarak beberapa meter saja sama apa yang dialaminya. Namun bedanya tetangga tersebut spion mobil Avanza-nya hilang," ucap Yusri.

Atas dasar video viral dari aksi para pelaku dan laporan dari korban, kemudian polisi melakukan penyelidikan. Polisi yang telah mengetahui identitas serta alamat pelaku langsung mengejar dan menangkap para pelaku pada Sabtu (13/6) kemarin.

"Tanpa pikir panjang langsung dilakukan penggerebekan ke alamat-alamat pelaku. Pelaku yang pertama digerebek tersangka Febri yang saat itu tersangka sedang bekerja di perusahaan bongkar muat kontainer di Jalan Martadinata, depan pos 1 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut," katanya.

"Hasil interogasi pelaku Febri bermain tidak sendiri dan mengatakan bahwa jokinya saat melakukan congkel spion ditemani pelaku Singgih yang beralamat di Jalan Ancol Selatan, Sunter Agung, Jakut. Langsung saja dilakukan penggerebekan ke alamat tersebut dan didapati Singgih sedang asik menonton TV bersama kedua orang tuanya," sambungnya.

(fas/gbr)