Anies: HBKB di Kawasan HI Berlaku Lagi Minggu Depan, tapi Belum Boleh Jualan

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 10:56 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wagub A Riza Patria bersepeda di kawasan Bundaran HI, Minggu (14/6/2020).
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di kawasan Bundaran HI. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, akan berlaku kembali pekan depan. Namun, Anies mengatakan belum ada yang boleh berjualan.

"Minggu depan akan bebas kendaraan bermotor tapi belum boleh berjualan, agar jarak amannya terjaga. Karena kalau naik sepeda dan jalan kaki bisa menjaga jarak aman. Tapi ketika berjualan itu potensinya padat, karena itu Minggu depan kita lakukan CFD hanya untuk olahraga," kata Anies di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2020).

"Minggu depan sepenuhnya untuk sepeda jalan kaki dan pelari yang berolahraga jalur ini full," imbuhnya.

Anies berkeliling menggunakan sepeda di Bundaran HI dengan ditemani Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria pagi tadi. Dia mengatakan animo masyarakat untuk bersepeda kawasan Bundaran HI tinggi.

"Antusiasmenya tinggi sekali kalau saya bilang. Volumenya banyak, disiapin satu lajur tapi volume sepedanya jauh lebih besar dari lajur yang disiapkan," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menilai warga yang berada di kawasan Bundaran HI sudah patuh memakai masker. Namun, ia tak memungkiri masih warga yang kedapatan melepas maskernya.

"Kalau yang mau cari tidak pakai masker pasti ketemu. Kalau kurangnya ada, secara umum pakai masker. Naik sepeda juga pakai masker," ucap Anies.

Simak video 'Ramai Warga Berolahraga, Anies Buka CFD Minggu Depan':

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut masyarakat yang menggunakan sepeda saat ini terpantau ramai. Ia mengimbau agar mereka senantiasa menggunakan lajur yang telah disiapkan.

"Masyarakat bersepeda itu luar biasa dan tentu kami terus mengimbau tetap menggunakan lajur sepeda yang sudah disiapkan," kata Syafrin.

Syafrin menyebut antusiasme tinggi warga saat ini akan menjadi bahan evaluasi. Ia akan melaporkan situasi saat ini ke Gugus Tugas untuk pengambilan keputusan.

"Hari ini akan kami evaluasi hasilnya itu akan kami laporkan ke Gugus Tugas untuk mengambil keputusan," katanya.

"Hari ini akan kami evaluasi seperti antusiasme masyarakat sangat tinggi ini salah satu hal yang akan dilaporkan," imbuhnya.

(zak/zak)