Pramono Edhie Dimakamkan Minggu Siang di Kalibata, KSAD Dijadwalkan Jadi Irup

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 03:10 WIB
Jenderal TNI (Purn.) Pramono Edhie Wibowo
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Mantan KSAD Jenderal (purn) Pramono Edhie Wibowo meninggal dunia. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel).

Dilihat dari pengumuman yang dipasang pihak keluarga di rumah duka, pemakaman akan dilakukan pada Minggu (14/6) pukul 14.00 WIB. AHY yang merupakan keponakan dari Pramono menyebut, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa akan menjadi inspektur upacara dalam proses pemakaman militer.

"Tadi saya juga bertemu dengan Bapak KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat), Jenderal Andika (Perkasa), beliau juga berkenan menjadi inspektur upacara pada saat pemakaman (Pramono) besok," kata AHY, di rumah duka Pramono, Puri Cikeas, Gunungputri, Sabtu (13/6/2020) malam.

Selain itu, AHY mengungkapkan Pramono adalah salah satu idolanya. AHY mengaku kehilangan sosok perwira yang tangguh, profesional, dan baik.

"Dan beliau orang yang humoris, orang yang selalu humble, yang selalu bisa menyapa siapa saja dengan baik. Dicintai oleh anggotanya dan tentu banyak hal yang beliau tinggalkan semasa beliau mengabdi sampai dengan kepala staf angkatan darat," ucap AHY.

Selain itu, KSAD Jenderal Andika Perkasa menambahkan TNI ikut berduka cita atas kepergian Pramono. Dia mengatakan TNI sedang menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk pemakaman Pramono Edhie di TMP Kalibata.

"Tapi intinya kami sudah siap," ucap Andika.

Dia mengatakan banyak jasa yang telah dilakukan Pramono untuk memajukan TNI dan Indonesia. Almarhum, ungkap Andika, adalah sosok yang sederhana.

"Banyak sekali, sangat humble beliau itu. Sangat sederhana, sangat lain lah. Gayanya, gaya lain. Kami merasa kehilangan tapi kami akan terus meneladani pada junior-junior, prajurit yang sekarang berdinas, kepemimpinan dan inovasi, keteguhan beliau dalam memimpin angkatan darat," pungkas Andika.

(aik/aik)