ADVERTISEMENT

Istri Pengawal Bung Karno Dijemput dengan Ambulans RI-1, Kondisi Sempat Drop

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 14:56 WIB
Istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno
Istri pengawal Bung Karno, Elizabeth Koesno (Foto: dok Istimewa)

Tak hanya dari Prabowo, bantuan rupanya datang dari TNI AD. Perwakilan KSAD Jenderal Andika Perkasa pun menghubungi Roland, termasuk dari pihak RSPAD. Saat Prabowo meminta jajarannya mengevakuasi Elizabeth. Pada saat yang sama, tim dari RSPAD datang untuk membawa janda Serma Koesno itu. Elizabeth pun akhirnya dibawa dengan ambulans RI-1 milik TNI AD, Kamis (11/6).

"(Saya) ditelepon Dirut RSPAD dan dokter untuk jemput Oma, ya kita setujui dan dijemput pakai Mercy-1 khusus VVIP presiden saat itu," kata Roland.

Saat ini Elizabeth masih dalam perawatan pihak RSPAD. Kondisinya, menurut Roland, sempat menurun.

"Masih dalam pemeriksaan, dan sehari kemarin kondisi Oma menurun keluar darah dari buang air kecil dan kesakitan kepalanya," ujar dia.

Istri ajudan Bung Karno, Elizabeth KoesnoAmbulans VVIP milik TNI AD yang evakuasi istri pengawal Bung Karno, Elizabeth Koesno. (Foto: dok. Istimewa)

Roland merupakan penopang keluarganya. Pekerjaan ia dan istrinya terkena imbas pandemi Corona. Roland juga tidak bisa leluasa menjalani pekerjaan sampingannya sebagai driver taksi online karena ada pembatasan berskala besar (PSBB). Tak hanya Elizabeth, Roland juga mengurus ibundanya. Mereka tinggal mengontrak di pinggiran Ibu Kota.

"Kami ngontrak. Pas sebelum ada wabah COVID, walau susah, nggak sampai separah ada COVID. Karena terkena dampak COVID, saya dan istri tiga bulan tidak bisa bekerja," ucap Roland.

"Saya kepala keluarga, Oma Elizabeth tinggal sama saya. Oma juga tidak dapat pensiun dari veteran, dulunya nggak diurus," tambah dia.


(elz/bar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT