3 Tips agar Tetap Aman Saat Gunakan Transportasi Online di New Normal

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 13:00 WIB
Naik kendaraan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memasuki kondisi kenormalan baru atau New Normal, aktivitas transportasi secara perlahan kembali berjalan. Dengan adanya kepadatan aktivitas transportasi, maka banyak pula masyarakat yang sering menggunakan kendaraan yang sama, contohnya seperti transportasi online.

Penggunaan kendaraan yang sama dalam transportasi online di situasi yang padat saat ini, akan membuat rentannya risiko untuk terpapar oleh virus. Maka dari itu perlu melakukan upaya pencegahan ketika menggunakan transportasi online agar bisa menghindari paparan virus. Berikut 3 tips untuk tetap aman dari virus, selama menggunakan transportasi online dilansir dari Forbes.com.

Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Penggunaan masker adalah hal yang wajib saat berkendara dengan orang lain. Kontaminasi atau paparan virus dapat terjadi ketika kita menyentuh kendaraan online yang tidak steril, setelah sebelumnya digunakan oleh orang lain. Maka dari itu usahakan untuk bisa menggunakan sarung tangan plastik dan juga ikuti aturan wajib menggunakan masker saat menggunakan transportasi online.

Gunakan Disinfektan & Jangan Menyentuh Apapun Dalam Kendaraan

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa virus Corona dapat bertahan di permukaan dalam waktu yang cukup lama. Jadi ada baiknya untuk membawa disinfektan cair dan menyemprotkan terlebih dahulu ke tempat duduk. Kemudian selalu ingat agar tidak terlalu banyak menyentuh apapun di dalam kendaraan tersebut.

Batalkan Pemesanan Jika Sedang Sakit atau Pengemudi Terlihat Sakit

Untuk kesehatan bersama, ada baiknya jika merasa tidak enak badan agar membatalkan pemesanan transportasi online tersebut dan meminta keluarga terdekat untuk mengantar. Hal yang sama juga dapat dilakukan, saat pengemudi terlihat sakit.

Itulah beberapa tips untuk tetap aman saat menggunakan transportasi online. Salah satu penyedia jasa transportasi online Grab Indonesia terus meningkatkan keamanan baik untuk penumpang maupun pengemudi di tengah pandemi. Dengan meluncurkan armada GrabCar Protect, protokol kesehatan dalam berkendara menjadi prioritas utama dari Grab Indonesia.

(prf/ega)