New Normal, Ridwan Kamil hingga Pevita Pearce Beri Pesan New Spirit

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 12:42 WIB
Ridwan Kamil ingatkan Bupati Bandung soal penyebaran Corona di pasar
Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta -

Keadaan pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama tiga bulan terakhir, memaksa aktivitas masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia menjadi terhambat. Selama tiga bulan ini, keadaan masyarakat pun berubah secara drastis dengan diterapkannya berbagai protokol kesehatan hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghadapi pandemi ini.

Untuk itu setelah melewati masa PSBB, pemerintah membuat sebuah kebijakan yaitu New Normal untuk mengembalikan aktivitas perekonomian. Kebijakan New Normal ini pun, menciptakan sebuah gerakan New Normal New Spirit untuk menemukan semangat baru dalam beraktivitas. Gerakan ini pun di dukung oleh banyak pihak seperti PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, sederet tokoh penting, hingga artis Tanah Air.

Memasuki kenormalan baru ini, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo mengatakan, bahwa masyarakat harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru di dalam New Normal.

"Kita menuju kepada adaptasi kebiasaan baru dalam rangka menghadapi masyarakat yang produktif tetapi aman COVID-19. Artinya apa, kita tidak boleh terpapar COVID-19, namun tidak boleh juga terkapar karena PHK," ujar Doni, Jumat (12/6/2020).

Senada dengan Doni Monardo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa perjuangan masyarakat saat ini, selain darurat kesehatan juga telah memasuki darurat ekonomi. Maka dari itu New Normal, merupakan strategi untuk menyeimbangkan antara kesehatan dan ekonomi yang diambil oleh pemerintah.

"Kita pahami di tengah pandemi ini, kita sedang berjuang untuk melawan COVID-19. Di sisi lain darurat kesehatan sekarang sudah masuk ke darurat ekonomi. Maka the New Normal adalah strategi menyeimbangkan antara kesehatan dan ekonomi," jelas Ridwan Kamil.

"Nah, New Normal atau kita sebut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Jawa Barat ini, membutuhkan sebuah perubahan gaya hidup. Perubahan semangat atau spirit, perubahan-perubahan yang mungkin tidak nyaman tetapi harus kita lakukan," imbuhnya.

Ridwan berpesan kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan dan tetap waspada dengan wabah COVID-19. Ia pun mengimbau masyarakat agar dapat beradaptasi melalui kebiasaan baru secara perlahan dengan New Spirit.

"Selama obat dan vaksin dari COVID-19 ini belum ditemukan, maka cara kita hanya satu yaitu pencegahan. Supaya tidak terpapar COVID-19, karena ini penyakit kerumunan maka kita akan melakukan hal-hal yang menjauhi kerumunan. Ada kerumunanan ada COVID-19, tidak ada kerumunan maka jauh dari COVID-19. Oleh karena itu New Normal New Spirit adaptasi kebiasaan baru, pelan-pelan harus mulai kita lakukan," pungkas Ridwan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan agar masyarakat dapat memasuki normal baru dengan menyusun norma baru.

"Melalui detikcom ini saya menyampaikan, ayo kita masuk normal baru tetapi dengan lebih dulu menyusun norma baru. Persiapkan normanya dengan baik, pakai masker, selalu punya kesadaran jaga jarak sering kali cuci tangan dan kemudian berprilaku hidup sehat dan bersih," ujar Ganjar.

Ia pun berpesan kepada seluruh struktur institusi baik negeri maupun swasta untuk melakukan penyesuaian terhadap New Normal. Serta mempersiapkan penyesuaian tersebut secara matang tanpa harus tergesa-gesa dengan norma baru.

"Seluruh struktur institusi yang ada dimanapun negeri swasta semuanya harus menyesuaikan diri. Fitting dengan kondisinya jangan tergesa-gesa. Mari kita simulasikan, kita siapkan memang kita harus berubah. Tapi protokol kesehatan harus tetap selalu ditaati. Dengan tenang, dengan matang, kita memasuki normal baru dengan norma baru," pungkas Ganjar.

Di sisi lain, Penyanyi Armand Maulana mengatakan, bahwa ada 3 protokol paling penting yang harus masyarakat secara pribadi pahami di dalam pandemi COVID-19 ini. Armand pun berpesan agar masyarakat dapat beradaptasi untuk hidup bersama Corona. Jika masyarakat bisa menjalani New Normal dengan baik, maka keadaan Indonesia dapat terus membaik.

"Apa itu? pakai masker, cuci tangan atau pakai hand sanitizer, dan jaga jarak. Jadi mau apapun, kalau kita tidak melakukan itu penyebaran virus itu akan tetap berjalan. Karena kita harus terbiasa bahwa virus Corona ini sekarang sudah ada di dunia dan kita ini hidup bareng bersama mereka. Jadi balik lagi kepada kita, bagaimana kita menjalaninya dengan protokol-protokol itu. Insyaallah keadaan kita, keadaan Indonesia terus membaik," ungkap Armand.

Senada dengan Armand, Artis Pevita Pearce juga menyampaikan agar kita dapat menjaga satu sama lain di dalam menjalani New Normal ini. Selalu jaga jarak dan jalani dengan New Spirit bersama-sama.

"Selamat datang untuk kita semua ke dalam tahap New Normal, dan mari kita tetap menjaga satu sama lain. Tetap menjaga jarak dan juga menjaga kesehatan satu sama lain. Stay happy dan semangat menjalani New Normal ini bersama-sama," pungkas Pevita.

Sido Muncul mendukung gerakan NewNormal NewSpirit, Tetap produktif dan berinovasi adalah kunci dari New Normal

Didukung oleh: @sidomunculstore

(prf/ega)