Kapal Feri Kandas di Pelabuhan Padang Bai, Akses Penyeberangan Disetop Sementara

Angga Riza - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 08:08 WIB
Kapal feri KMP Dharma Rucitra III kandas saat hendak bersandar di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem, Bali.
Kapal feri kandas saat hendak bersandar di Pelabuhan Padang Baik Bali (Foto: dok. Istimewa)
Denpasar -

Kapal Feri KMP Dharma Rucitra III yang kandas saat hendak bersandar Pelabuhan Padang Bai, Karangasem, Bali masih belum dievakuasi. Akses penyebrangan menuju Lombok dihentikan sementara.

"Iya semalam otomatis kita setop dulu yang dari lembar keberangkatan kapal cuma yang terlanjur jalan nanti kita ingkarkan dipelabuhan Amuk rencananya kali ini seandainya yang masih ada sekarang tadi itu yang udah muat itu giliran masuk tapi yang besar masih ragu juga. Ada kapal di dermaga 1 agak melintang dia, iya dari lembar aja sementara, mudah-mudahan siang nanti bisa kembali aktifitas, kita berupaya dulu nih biar aman dulu di alurnya," kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai Ni Luh Putu Eka Suyasmin saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/6/2020).

Kapal saat ini masih posisi miring dan belum bisa dievakuasi. Pihak otoritas pelabuhan masih menunggu bantuan dari pertamina untuk mendorong kapal feri tersebut.

"Untuk kapal masih posisi yang semula kita berupaya minta bantuan pertamina agar didorong sedikit untuk keluar masuk kapal di dermaga 1 bisa lancar gitu," ujar Eka.

Sementara seluruh penumpang dan kendaraan sudah berhasil dievakuasi.Total ada 48 orang, jumlah ABK 18 orang, 10 unit truck besar, 3 unit truck sedang, tronton 8 unit dan kendaraan kecil 3 unit dan 5 unit sepeda motor. Belum diketahui penyebab kandasnya kapal feri itu.

(eva/eva)