Pria Dapat Kejutan 'Happy Birthday' dari Polisi Adalah Pencuri Kabel Listrik

Deni Wahyono - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 17:02 WIB
Tampang pencuri kabel listrik di Babel (dok. Istimewa)
Tampang pencuri kabel listrik di Babel (Deni/detikcom)
Pangkalpinang -

Polisi menyanyikan lagu 'Happy Birthday' saat menangkap seorang pria di Bangka Belitung. Ternyata pria yang diamankan tersebut adalah salah satu pencuri kabel listrik sepanjang ratusan meter di Bangka Belitung (Babel).

Pria yang mendapat kejutan 'Happy Birthday' saat ditangkap itu adalah Arif Susanto (31). Selain itu, ada lima orang lainnya yang diamankan di lokasi berbeda, yakni Khoiri (36), Sakur Hidayat (24), Willy Susanto (36), Dicky Saputra (38), dan Duwara Kaduh (37).

"Para pelaku diringkus di lokasi yang berbeda. Mereka merupakan komplotan spesialis kabel PLN," kata Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra di Pangkalpinang, Jumat (12/6/2020).



Mereka ditangkap pada Selasa (9/6). Polisi menduga komplotan ini mencuri kabel listrik berisi tembaga sepanjang 120 meter di gardu Jalan Line Listrik, Kelurahan Gabek 1, di daerah Sampur, SPBU Jalan Koba, dan di sejumlah wilayah di Pangkalpinang.

"Ada 21 TKP pencurian kabel listrik PLN di wilayah Pulau Bangka hingga mengakibatkan kerugian mencapai Rp 336 juta," ujar Adi.

"Penadah juga kami ringkus beserta barang bukti kabel PLN hasil penjualan para pelaku. Satu TKP pelaku menjual 200 kg," sambungnya.


Dia mengatakan komplotan ini menyamar menjadi petugas PLN agar tidak dicurigai warga. Mereka disebut bekerja secara tim.

"Pelaku selalu rapi dan teroganisasi dalam setiap aksinya. Pelaku juga mengenakan baju lengkap teknisi PLN. Tugasnya ada yang memadamkan aliran listrik, memotong, ada sopir, ada yang mengatur jalan, termasuk penadah," ucap Adi.

Sebelumnya, video yang menunjukkan polisi menyanyikan lagu 'Happy Birthday' saat menangkap seorang diduga pencuri di Bangka Belitung (Babel) viral. Dalam video viral tersebut terlihat ada sejumlah pria yang masuk ke dalam satu ruangan berwarna hijau. Di dalam ruangan itu ada pria berbaju merah yang sedang tidur.

Sekelompok pria yang masuk ke ruangan itu kemudian menyanyikan lagu 'Happy Birhday'. Mereka juga terlihat bertepuk tangan saat menyanyikan lagu tersebut.

"Happy birthday to you, happy birthday to you. Selamat ulang tahun," ujar para pria yang belakangan diketahui sebagai polisi tersebut.

Mereka kemudian meminta pria berbaju merah berdiri. Setelah itu, pria berbaju merah itu langsung diborgol.

"Ayo bangun. Tahu apa salahmu, kan?" ucap salah satu pria.

Polisi Beri Selamat Ulang Tahun ke Maling, Kadonya Borgol:

(haf/haf)