Cegah Kerumunan, Wagub DKI Imbau Warga yang Hendak Salat Jumat Wudu di Rumah

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 14:46 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah masjid di wilayah DKI Jakarta saat ini sudah menggelar salat Jumat seiring dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Hari ini merupakan pelaksanaan kedua salat Jumat di Jakarta setelah penutupan tempat ibadah kembali dibuka.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau, ke depannya, apabila hendak pergi salat, masyarakat sebaiknya berwudu di rumah. Tujuannya untuk mencegah kerumunan di tempat wudu.

"Wudu sebaiknya di rumah masing-masing untuk mengurangi bersentuhan kerumunan," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Riza menyebut saat ini warga DKI sudah memahami jemaah di masjid jumlahnya dibatasi 50 persen dari kapasitas. Dalam kesempatan itu, Riza juga meminta masyarakat membawa sajadah sendiri ketika hendak salat di masjid serta membawa plastik untuk alas kaki.

"Masjid, dari laporan dan pemantauan, kami sosialisasi setiap hari dan jemaah sudah memahami soal pembagian 50 persen, soal disinfektan, soal masker, tidak menggelar karpet, diatur dibersihkan, jaga jarak, sudah lebih baik. Kami juga minta pakai kresek untuk sepatu, sandal, untuk mengurangi bersentuhan," katanya.