Launching Labbaik Berqurban, ACT Salurkan Kurban ke 66 Negara

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 13:50 WIB
ACT
Foto: dok ACT
Jakarta -

Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Labbaik Berqurban 1441 Hijriah. Pada program kurban tahun ini, ACT menargetkan 100 ribu hewan kurban yang kemudian akan disalurkan ke 66 negara.

Presiden ACT, Ibnu Khajar, mengungkapkan ibadah kurban tahun ini memang istimewa karena Indonesia bahkan seluruh dunia sedang dilanda pandemi COVID-19. Banyak sekali orang yang terdampak bukan hanya dari sisi kesehatan tapi juga merambat ke sektor ekonomi.

"Kita ingin pahami lebih dalam bahwa dalam kurban tahun ini juga ada solusi problem-problem ekonomi. Ini juga bagian dari ibadah sosial yang akan kita lakukan, makannya kita berharap di momentum kurban ini ada solusi-solusi kepada permasalahan umat," ungkapnya di Menara 165, Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Ia juga berharap program Labbaik Berqurban ini bisa mendatangkan manfaat bukan hanya kepada para agen kurban dan penerima kurban. Namun, ia juga ingin program ini bisa membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 seperti orang-orang yang ter-PHK agar mereka bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan, misalnya dengan membantu proses distribusi dan sebagainya.

Sedangkan untuk pengadaan hewan kurban dan pendistribusiannya, ACT memiliki 43 cabang. Setiap cabang akan menghubungi 100 desa untuk kemudian mendistribusikannya langsung ke rumah warga yang terdaftar sebagai penerima manfaat kurban.

"Kita juga memiliki teknologi, di mana masyarakat tidak perlu berkumpul di luar rumah jadi kita akan antar ke setiap keluarga masing-masing 1 kg daging kurban ini supaya tidak ada antrian dan tidak berkumpul di suatu tempat saja. Kemudian untuk pemotongan hewan kurbannya, kami akan bekerja sama dengan RPH di berbagai kota," jelasnya.

Saat ini, agen kurban ACT individu tercatat hampir mencapai 5.000 agen. Setelah proses launching secara resmi pada hari ini, ia berujar ACT akan semakin masif menggerakkan lebih banyak masyarakat untuk berkurban pada tahun ini.

"Di saat seperti ini masjid-masjid pasti tidak banyak yang berkurban. Nah, bagaimana orang yang mau berkurban? Kita fasilitasi itu lewat ini," ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi agen kurban, hanya perlu mengakses laman Global Qurban di https://www.globalqurban.com/. Setelah itu, calon agen bisa mengisikan biodata yang dibutuhkan antara lain, nama lengkap, nomor KTP, email, nomor telepon, alamat dan sandi. Setelah itu calon agen kurban akan mendapatka email konfirmasi untuk masuk ke akun Global Qurban.

(ega/ega)