New Normal New Spirit

Spirit Inovasi: Sekolah Online Sampai Wisuda Drive Thru

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 10:54 WIB
Siswa sekolah Stella Maris bersiap sebelum mengikuti acara kelulusan secara drive thru di Stella Maris School, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (9/6/2020). Kegiatan wisuda tersebut digelar secara drive thru guna menghindari kerumunan yang bisa menjadi medium penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Foto: ANTARA FOTO
Jakarta -

Pandemi Corona tak boleh menghalangi masyarakat untuk tetap hidup produktif. Berbagai terobosan dilakukan, menginspirasi masyarakat untuk terus semangat menyambut kenormalan baru dengan penuh optimisme. New Normal, New Spirit!

Meskipun Corona melanda, aktivitas pendidikan tetap berjalan. Kemendikbud pun menyiapkan pembelajaran dari rumah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau belajar online akan terasa dampaknya di masa depan. Sistem ini memanfaatkan teknologi untuk interaksi antara siswa dan guru.

"Saya akan mengatakan bahwa hal yang paling menggembirakan yang kita lihat sebenarnya bukan efeknya hari ini dan apakah mereka benar-benar akan mampu mengimbangi anak-anak yang tidak bersekolah, saya pikir efektivitasnya jauh lebih terasa di masa depan," ujar Nadiem dalam konferensi video yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Kamis (14/5/2020). Hal ini disampaikan Nadiem saat menjawab seberapa efektivitas belajar dari rumah sejauh ini.

Belajar dari rumah secara daring merupakan kebijakan yang diambil pemerintah di tengah masa pandemi virus Corona (COVID-19). Nadiem menjelaskan, kementeriannya sudah merencanakan penggunaan teknologi untuk menunjang pendidikan.

"Teknologi adalah bagian inti dari rencana kami di Kementerian Pendidikan (dan Kebudayaan) untuk mendukung guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk mempersonalisasikan pembelajaran, mengajar di tingkat yang tepat, dan benar-benar berfokus pada kompetensi, alih-alih konten," ujar Nadiem.

new normal new spiritnew normal new spirit Foto: Detikcom

Tak sampai situ, spirit untuk berinovasi juga terlihat dari sejumlah sekolah yang menggelar kegiatan pendidikan dengan protokol kesehatan. Seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Stella Maris yang berlokasi di BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Sekolah ini menggelar wisuda secara drive thru pada Selasa (9/6/2020). Ide melangsungkan wisuda secara drive thru ini muncul karena menyesuaikan situasi pandemi Corona serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pihak sekolah sudah mngantongi izin dari petugas keamanan di wilayah setempat untuk menyelenggarakan wisuda secara drive thru. Proses perencanaan hanya berlangsung selama 3 minggu. Wisuda drive thru ini diikuti tiga kelas, dengan rincian dua kelas jurusan IPS dan satu kelas IPA. Total murid yang mengikuti wisuda dari tiga kelas tersebut berjumlah 64 orang.

Untuk pemberian mendali, salinan ijazah serta foto bersama guru, per anak memakan waktu 5 menit. Setelahnya anak tersebut dapat menuju tempat di belakang loby yang disediakan sekolah untuk foto bersama keluarga selama 3 menit dan setelahnya mereka diharuskan untuk segera meninggalkan area sekolah. Lalu wisudawan menuju backdrop yang bisa untuk foto dengan orang tua.

Jadi pada saat wisuda tersebut, hanya anak yang turun dari mobil, lalu foto bersama hanya diberi waktu kesempatan 3 menit. Begitu waktu habis mereka harus keluar dari area sekolah. Meski baru pertama kali menyelenggarakan wisuda secara drive thru, semuanya dapat berjalan dengan lancar. Semua anak yang diwisuda bersukacita dan para orangtua juga merasa bangga juga terharu.

Jadi tetap semangat ya bagi kalian Angkatan 2020!

detikcom pun coba merespons tatanan kenormalan baru ini dengan gerakan 'New Normal New Spirit'. Siang ini segenap tokoh bangsa, petinggi perusahaan, selebritis, musisi dan toko populer lainnya akan berbagi semangat untuk tetap produktif dan semangat menyambut new normal.

Siapa saja yang ikut serta? Banyak! Ada lebih dari 50 tokoh. Mulai dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hingga si manis Mawar de Jongh. Pesan yang akan mereka suguhkan pun beragam, mulai dari orasi hingga berkarya lewat musik. Pokoknya saksikan saja di halaman detikcom pukul 14.00 WIB, Jumat (12/6/2020).

Yang pasti, ada tiga inisiatif yang didorong detikcom untuk tetap produktif di tengah wabah dengan protokol kesehatan yang ketat. Pertama adalah membiasakan diri untuk hidup sehat, berikutnya adalah inisiatif untuk terus kreatif dan berinovasi agar aktivitas tidak terhenti dan tetap produktif. Dan terakhir adalah inisiatif untuk terus berbagi.

Tonton juga video 'New Normal New Spirit':

(van/ash)