Dirut TransJakarta Lempar Ide Bangun Trem Blok M-Kota Saat Rapat di DPRD

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 21:31 WIB
Dirut Tj, Sardjono Jhony
Dirut TransJakarta Sardjono Jhony (Foto: dok. TransJakarta)
Jakarta -

Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengusulkan kepada Komisi B DPRD DKI supaya Jakarta memiliki trem. Jhony mengatakan ide itu dia sampaikan saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama DPRD DKI pada Selasa (9/6).

Dia mengatakan awalnya ditanya soal kesiapan pihaknya menyambut new normal. Dia lantas menjelaskan, pada masa PSBB transisi ini, penumpang lebih teratur.

"Begini ceritanya, kan kemarin ditanya waktu kami RDP kemarin itu di Komisi B. Kan ditanya kesiapan TransJakarta terkait PSBB transisi. Waktu itu kami jawab justru PSBB transisi ini membuat kita lebih teratur," ujar Jhony saat dihubungi, Kamis (11/6/2020).

Jhony kemudian menggambarkan, sebelumnya satu bus mengangkut penumpang hingga penuh, saat ini satu bus hanya mengangkut 30-40 penumpang. "Dalam artian tadinya satu bus, sekarang bawa 30-40 orang. Yang biasanya satu bus, sekarang jumlah yang sama pakai dua atau tiga bus. Kan gitu," terang Jhony.

Namun Jhony mempertanyakan apakah kondisi seperti itu dapat bertahan di kondisi new normal. Di sinilah dia melempar ide trem.

"Nah, jadi kalau nanti fase satu dari masa transisi selesai masuk ke fase kedua, lalu kita sepakat new normal, berarti pola hidup seperti itu kan akan dipertahankan dengan jumlah penumpang yang akan kembali normal. Apakah kita akan tetap mempertahankan bus berurutan seperti itu? Kan tentu jadi tidak efisien," ungkap dia.

"Makanya kemarin saya bilang ini ide aja, belum ada kajian, belum ada apa, cuma mikir saja sambil lewat di Komisi B itu. Saya bilang kalau koridor satu Blok M-Kota kita ganti trem gimana ya? Saya bilang gitu," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2