Round-Up

Kritik Menyasar Anies Setelah Corona Merebak di Berbagai Pasar

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 21:03 WIB
Sebanyak 14 pedagang di Pasar Serdang Kemayoran positif COVID-19. Guna antisipasi virus Corona para pedagang yang berjualan disana terapkan protokol kesehatan.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Sebanyak 52 pedagang di pasar tradisional di Jakarta dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai lemah dalam pengawasan protokol kesehatan di pasar.

Terbaru, PD Pasar Jaya menyebut ada 52 pedagang terkonfirmasi positif Corona. Hasil ini ditemukan setelah PD Pasar Jaya menggelar pengujian di 19 pasar.

PD Pasar Jaya juga turut menyertakan data positif virus Corona di 19 pasar:

1. Pasar Perumnas Klender, 20 orang positif.
2. Pasar Cijantung 1 orang positif
3. Pasar Serdang, Kemayoran 14 orang positif.
4. Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih 14 orang positif.
5. Pasar Induk Kramat Jati 3 orang positif.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin membenarkan data dari Pemprov DKI yang menyebut pasar sebagai salah satu tempat penyebaran virus Corona. Sebab, selama masa pandemi ini, pasar menjadi tempat berkumpulnya orang yang tidak tutup

"Saya menyampaikan memang benar apa yang disampaikan Pemprov tentang potensi penyebaran lewat pasar tradisional. Karena pasar pangan nggak tutup," ujar Arief dalam video conference bersama wartawan, Kamis (11/6/2020).

Perumda Pasar Jaya selaku pengelola pasar tradisional mengaku langsung bertindak ketika menemukan adanya kasus positif Corona di lingkungan pasar. Mereka langsung menutup pasar dan menyemprotkan disinfektan.

Arief mengaku sudah mencegah penularan Corona di lingkungan pasar. Pasar Jaya berkoordinasi dengan instansi lain untuk melakukan penertiban dan penegakan protokol kesehatan.

Atas peristiwa tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai kritik. Anies dan jajaran Pemprov DKI Jakarta dinilai minim dalam melakukan pengawasan.

Berikut kritik DPRD DKI hingga Ikappi ke Anies soal Corona yang merebak ke pasar:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4