5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Pandemi COVID-19 Menurut Aa Gym

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 17:59 WIB
KH Abdullah Gymnastiar, Blak-blakan di Pasaraya Grande, Blok M, Selasa (7/5/2019)
Foto: Rengga Sancaya/detikcom/5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Pandemi COVID-19 Menurut Aa Gym
Jakarta -

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym bicara soal hikmah yang bisa diambil dari adanya pendemi COVID-19 atau corona. Salah satunya adalah semakin kuatnya keyakinan atas kekuasaan Allah SWT.

Dia pun meminta masyarakat bisa mengambil hikmah dari situasi ini. "Era Corona sudah kita dijalani beberapa bulan ini, dan seharusnya kita sudah bisa mengambil hikmahnya. Sahabatku, ini menurut Aa beberapa hikmah yang bisa kita rasakan," tulis Aa Gym dalam akun Instagramnya Kamis (11/6/2020).

Tim Hikmah detikcom sudah mendapatkan izin dari Aa Gym untuk mengutip postingan tersebut. Dalam postingan tersebut, tak hanya mengenai kekuasaan Allah yang ia ambil sebagai hikmah. Tetapi juga ketidakberdayaan manusia terhadap sesuatu, khususnya ketika pandemi COVID-19 datang semua yang dimiliki tak akan berguna.

"Pertama, semakin yakin bahwa Allah sungguh Maha Kuasa. Allahu Akbar - Allah Maha Besar, dapat menjadikan dunia dan seisinya bertekuk lutut dengan takdir yang terjadi," ungkap dia.

"Kedua, kita semakin sadar dan harus mau mengakui kalau manusia itu sebenarnya tidak berdaya. Mau sepintar apapun, sekaya apapun, sesehat apapun, ternyata ketika didatangkan wabah virus menjadi lemah dan tidak berdaya," sambungnya.

Kemudian, Aa Gym juga menilai bahwa setiap masalah pada dasarnya bisa diselesaikan asal manusia mau saling bahu-membahu dengan kebersamaan. Lalu, semakin meyakini amalan sedekah merupakan hal penting.

"Tiga, semua masalah ini bisa diatasi kalau kita saling bahu-membahu, membantu, mendukung dengan semangat kebersamaan. Empat, semakin meyakini kalau sedekah itu penting dan kita juga harusnya selalu mengembangkan kepedulian terhadap orang lain," terangnya.

Terakhir, Aa Gym yakin bahwa keberhasilan Indonesia menghadapi new normal ditentukan berdasarkan kedisiplinan masyarakatnya. Hal ini juga sesuai dengan ajaran agama Islam.

"Lima, berhasilnya new normal sangat ditentukan dengan kedisiplinan kita dalam berperilaku. Islam agama yang disiplin dan orang yang kuat adalah mereka yang disiplin setiap saat," tutup dia.

Simak video 'Per 11 Juni 2020, Penambahan Kasus Covid-19 di Jatim Tertinggi':

(pay/erd)