Kampung Tangguh Hadapi Corona Dibentuk, Pemkot Bengkulu Harap Warga Mandiri

Hery Supandi - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 16:40 WIB
Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan (kiri) / Hery-detikcom
Foto: Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan (kiri) / Hery-detikcom
Bengkulu -

Polres Bengkulu menginisiasi pembentukan kampung tangguh nusantara (KTN) yang salah satunya ditujukan untuk menghadapi persoalan COVID-19. Pemkot pun berharap warga di KTN bisa saling gotong royong dan tidak hanya bergantung pada pemerintah dalam menghadapi masalah COVID-19.

Kampung tersebut dibentuk di Kelurahan Sumber Jaya, Kampung Melayu, Kota Bengkulu. KTN di lokasi ini bakal menjadi percontohan bagi KTN lainnya.

"Ini sementara namanya kampung tangguh nusantara namun nanti bisa disesuaikan dengan kearifan lokal dan situasi di Kota Bengkulu. Tujuan KTN ini agar masyarakat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya," ujar Kapolres Bengkulu, AKBP Pahala Simanjuntak, Kamis (11/06/20).

Pahala mengatakan program KTN ini sebenarnya diadopsi dari Provinsi Jawa Timur untuk memutus penyebaran virus Corona. Dia berharap program ini bisa membantu pencegahan virus Corona.

"Di Bengkulu ini kita jadikan sebagai pilot project kita mulai di salah satu kelurahan dulu dan nanti kita berkolaborasi dengan seluruh elemen untuk mengedukasi masyarakat agar sama-sama bisa melakukan pencegahan COVID-19 di daerah atau wilayah masing-masing," ujar Pahala.

Pahala mengatakan pembentukan KTN dilakukan usai kehidupan sosial hingga ekonomi warga terdampak penyebaran virus Corona. "Maka perlu upaya bersama untuk membangun ketangguhan masyarakat untuk mencegah COVID-19," ucapnya.