KPAI Sumsel Soroti Anak Positif Corona, Minta Pemprov Hati-hati Buka Sekolah

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 11:52 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Palembang -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sumatera Selatan menyebut ada 111 anak yang positif Corona di Sumsel. KPAI pun meminta Pemprov Sumsel hati-hati soal membuka kembali sekolah.

"Jumlah kasus ini termasuk tinggi karena hampir 20 persen dari total jumlah kasus COVID-19 yang menyerang anak-anak di Indonesia. Di mana secara nasional lebih dari 580 anak terpapar," kata Ketua KPAI Sumatera Selatan, Eko Wirawan, Kamis (11/6/2020).

Dia mengatakan jumlah tersebut terjadi saat sekolah di Sumsel diliburkan. Eko pun khawatir jumlah anak positif Corona bertambah jika aktivitas belajar-mengajar di sekolah kembali dibuka.

"Kalau sekolah belum siap dengan protokol pencegahan COVID-19, kami khawatir akan muncul klaster baru penularan COVID-19 di Sumsel. Jadi harus hati-hati," katanya.

Eko mengaku sudah menyurati Gubernur Sumsel Herman Deru untuk membahas konsep pencegahan penularan virus Corona di sekolah. Dia menyebut tak mungkin sekolah terus diliburkan.

"Kami sudah surati gubernur, karena kita tak tahu sampai kapan pandemi berakhir. Anak-anak juga kan harus tetap sekolah, inilah yang harus dibahas bagaimana di sekolah protokol kesehatannya," tutur Eko.

(ras/haf)