Usai Temui Wagub DKI, Forum Orang Tua Murid SMP Protes Aturan PPDB ke DPRD

M Ilman N - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 11:45 WIB
Forum Orang Tua Murid SMP mendatangi kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Foto: Forum Orang Tua Murid SMP saat mendatangi kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Setelah menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Forum Orang Tua Murid SMP mengunjungi DPRD DKI. Kunjungan ke DPRD untuk menyampaikan protes mengenai prioritas usia yang ada di aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA DKI tahun 2020 diubah.

"Iya, kita mau ke DPRD," ujar Juru Bicara Forum Orang Tua Murid SMP, Dewi Julia usai bertema Wagub DKI di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/6/2020).


Dewi menyampaikan, di DPRD DKI, pihaknya akan menyampaikan pokok keberatan terkait aturan PPDB SMA DKI tahun 2020. Dengan bertemu DPRD, Dewi berharap akan ada jalan keluar dari protes yang selama ini dilakukan.



"Penekanan lagi karena bahwa kami ingin persoalan ini betul-betul ingin ada jalan keluarnya, jadi tidak hanya menjadi diskusi kita saja, tapi harus jalan keluar segera," katanya.

Dalam pertemuan bersama Wagub DKI, Forum Orang Tua Murid SMP meminta aturan mengenai prioritas usia di PPDB diubah. Menurutnya, aturan untuk memprioritaskan usia yang paling tua merupakan tindakan tidak adil. Sebab, hal itu bertentangan dengan prinsip sistem zonasi yakni melihat jarak rumah dan nilai siswa.

"Yang kami bahas adalah keberatan kami, tentang sistem zonasi supaya sistem tersebut minta diubah dari sistem yang hanya melihat usia, kami ingin supaya sistem tersebut juga melihat jarak dan nilai anak-anak tersebut," ujar Dewi.

(dkp/dkp)