KIOS WARGA, Sinergi Taspen dan BRI Tingkatkan Kesejahteraan ASN

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 11:10 WIB
BRI
Foto: dok BRI
Jakarta -

Taspen menggandeng Bank BRI meluncurkan KIOS WARGA, program kewirausahaan untuk aparatur sipil negara (ASN)/PNS yang akan pensiun dan pensiunan ASN. Saat ini terdapat 50 titik KIOS WARGA yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah seiring bertambahnya peminat program tersebut.

Peluncuran KIOS WARGA dilaksanakan di Jakarta secara virtual dengan diikuti oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih, dan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto. Menteri Koperasi dan UKM pun mengapresiasi terobosan ini karena selaras dengan program pemberdayaan UMKM di Indonesia.

"Saat ini, pemerintah gencar mendorong produk-produk Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia, kios/warung diharapkan menjadi bagian dari gerakan program tersebut dengan menyediakan ruang bagi penjualan produk-produk KUMKM," ujar Teten dalam keterangan tertulis, Kamis (11/6/2020).

BRIBRI Foto: dok BRI-Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki


Dalam pelaksanaannya, Taspen menggandeng Bank BRI dan PT. Jaringan Sistema Semesta (JSS). Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih mengatakan Taspen berperan mengedukasi para ASN, calon pensiunan, dan pensiunan ASN untuk dapat berwirausaha serta independen secara finansial di masa pensiun. Ia juga melihat antusiasme ASN sangat tinggi dengan adanya program ini.

''Besarnya minat Pegawai ASN yang akan memasuki pensiun untuk berwirausaha. Kami akan terus melakukan pendampingan terhadap pemilik KIOS WARGA yang telah dan ada dan membuka calon wirausaha baru dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,'' ujarnya.

Sementara itu, Bank BRI berperan memfasilitasi pembiayaan usaha KIOS WARGA melalui produk BRIGUNA KIOS WARGA dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI dengan persyaratan yang mudah dan ringan serta penyediaan sistem pembayarannya.

Sedangkan PT. JSS berperan sebagai distributor penyedia barang, mempersiapkan kiosnya itu sendiri, baik secara fisik maupun mengisi produk-produk yang akan dipasarkan di KIOS WARGA tersebut.

"Bank BRI mendukung penuh program KIOS WARGA sebagai upaya pemberdayaan serta membantu mengembalikan daya tahan finansial para ASN baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun di masa pandemi ini," ujar Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto.

BRIBRI Foto: dok BRI

Saat ini terdapat 50 titik KIOS WARGA yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah seiring semakin bertambahnya peminat program KIOS WARGA tersebut. Kata Catur, Bank BRI juga memberikan kesempatan bagi peserta KIOS WARGA untuk menjadi AGEN BRILink dengan konsep bagi hasil yang lebih menguntungkan sehingga menambah pendapatan.

Selain itu, beberapa produk yang dijual di KIOS WARGA didukung oleh produk-produk unggulan UMKM binaan Bank BRI. "Melalui produk dan layanan yang optimal dan berkualitas, Bank BRI berkomitmen untuk menjadi one stop financial services bagi Taspen dan ASN di seluruh Indonesia," pungkas Catur.

(ega/ega)