Mandek Gegara Corona Bikin Gapura di Samarinda Mirip Ekor Kurama Naruto

Yovanda - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 08:45 WIB
Gapura di Samarinda viral di media sosial karena dianggap mirip ekor Kurama dalam film Naruto.
Gapura selamat datang di Kota Samarinda (dok. Pemkot Samarinda)
Samarinda -

Bentuk gapura selamat datang di Kota Samarinda membuat sejumlah warga di ibu kota Kalimantan Timur (Kaltim) itu kebingungan. Lewat media sosial, banyak yang bertanya soal makna bentuk gapura tersebut.

Salah satu akun Instagram menyebut gapura itu mirip dengan ekor Kyubi bernama Kurama dalam serial anime 'Naruto'. Gapura yang berlokasi di Jalan HM Rifaddin, depan Kampus IAIN Samarinda, itu dianggap tidak menampilkan ikon Kota Samarinda.

Dengan nada canda, netizen menilai gapura tersebut malah seperti menyambut warga ke Desa Konoha Amegakure, tempat tinggal Naruto dan ninja shinobi lainnya.

Pantauan detikcom, Rabu (10/6/2020), gapura itu berbentuk memanjang ke atas dengan 6 juntaian yang terlihat seperti ekor. Warnanya kemerahan seperti warna tembaga dan di tengahnya ada rangkaian besi aluminium yang panjang.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Samarinda Cecep Herly menilai sah-sah saja bila netizen Samarinda tidak mengetahui bentuk asli gapura itu. Dia menyebut gapura itu belum selesai dibangun.

"Sebenarnya gapura itu belum jadi. Seharusnya saat ini sudah rampung, tapi karena terganjal COVID-19, pengerjaannya pun mandek," kata Cecep.

Cecep menjelaskan gapura itu sebenarnya berbentuk paruh burung enggang, yang berisi pesan yang baik di dalam Kota Samarinda. Dia mengatakan pihaknya tidak harus melengkapi dengan bagian sayap dan kaki hanya untuk menunjukkan bentuk burung.