Cerita Istri ABK yang Loncat dari Kapal China: Bayar Rp 50 Juta-Tak Digaji

Rahel Narda C - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 17:07 WIB
WNI yang menjadi anak buah Kapal Pesiar MV Carnival Splendor tiba di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (30/4). Mereka selanjutnya akan diisolasi mandiri.
Ilustrasi ABK (Nova Wahyudi/Antara Foto)
Jakarta -

Fenny Susanti menceritakan kisah suaminya yang nekat melompat ke laut dari atas kapal China. Fenny mengatakan suaminya yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) dijanjikan bekerja di Korea dan dimintai uang sebesar Rp 50 juta.

Fenny mengatakan suaminya yang bernama Andri awalnya dijanjikan kerabat untuk bekerja di daratan Korea. Namun, kata Fenny, suaminya malah ditempatkan untuk bekerja di kapal.

"Pertama-tama saya menceritakan kejadian Mas Andri berangkat ke Korea yang sebenarnya dijanjikan berangkat Korea, tapi malah dialihkan bekerja di kapal laut. Pertama, Mas Andri kenal dengan temannya yang diperkenalkan dengan yang namanya Pak Safrudin," kata Fenny dalam telekonferensi di diskusi virtual bertajuk 'Mengungkap Kejahatan Perdagangan Orang dan Kerja Paksa Pada Industri Perikanan Tangkap' pada Rabu (9/6/2020).

"Pak Safrudin ini menjanjikan Mas Andri bekerja di daratan Korea dengan diiming-imingi gaji Rp 30-40 juta per bulan, dengan membayar uang keberangkatan sebesar Rp 50 juta. Itu kita bayar melalui transfer tunai ke Pak Safrudin langsung. Kami punya buktinya," sambungnya.

Fenny mengungkapkan, sang suami kerap mendapatkan perlakukan yang tidak baik selama berada di kapal itu. Menurut pengakuan sang istri, suaminya tidak mendapatkan gaji serta telepon selulernya disita pihak kapal.

"Nah, tapi alurnya ini justru malah suami saya dipekerjakan di kapal ikan. Yang buat suami saya tidak betah di sana karena di sana kakaknya Mas Andri ini dan kawan-kawan tidak diterima. Seperti misalnya selama bekerja tidak pernah diberi gaji, HP-nya disita, dan tidak pernah berkomunikasi kepada saya selaku istrinya dan keluarga yang lain selama 5 bulan bekerja di kapal," ujar Fenny.

Selanjutnya
Halaman
1 2