18 Pedagang Positif Corona, Pasar Kumbasari di Denpasar Ditutup Sementara

Angga Riza - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 16:18 WIB
Ilustrasi pedagang pasar di Bali dites Corona.
Ilustrasi pedagang pasar di Bali dites Corona. (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Sebanyak 18 pedagang di Pasar Kumbasari, Denpasar, Bali, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Gugus Tugas COVID-19 Kota Denpasar memutuskan menutup sementara Pasar Kumbasari.

"Yang kami lakukan, kami melakukan karantina terhadap 18 pedagang itu, dan pasar kami tutup sementara mulai malam ini, karena di sana kan ada pasar malam juga selama lima hari," kata juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai saat dihubungi detikcom, Rabu (10/6/2020).


Dewa menyebut 18 pedagang tersebut mengikuti pemeriksaan Corona beberapa hari lalu. Hasilnya, sebut dia, baru keluar kemarin malam.

"Ya itu kan memang positif hasil tracing-nya yang kami lakukan terhadap 43 pedagang Pasar kumbasari, yang kami tes tanggal 7 Juni 2020 itu. Tadi malam keluar (hasil pemeriksaannya), dan memang ada 18 yang positif," terang Dewa.

Gugus Tugas COVID-19 Kota Denpasar akan kembali melakukan tes kepada para pedagang Pasar Kumbasari. Selain itu, kegiatan disinfeksi juga akan dilakukan di pasar tersebut.

"Terus akan kami lakukan penyemprotan disinfeksi di area Pasar Kumbasari, terus akan kami lakukan tracing yang lebih luas lagi dan akan kami lakukan testing lagi hari Jumat. Nanti akan dilakukan swab lagi terhadap pedagang yang belum dilakukan swab kemarin itu," ungkap Dewa.


Sekadar informasi, jumlah kasus positif di Bali bertambah 32 hari ini, sehingga totalnya menjadi 640 kasus. Penambahan tersebut merupakan hasil pengumpulan data pada Selasa (9/6) pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

(zak/zak)