Aceh Kembali Catat Kasus Baru, 5 Provinsi Nihil Tambahan Corona 10 Juni

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 16:15 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah melaporkan ada tambahan seribu lebih kasus virus Corona (COVID-19) hari ini. Dari lima provinsi yang dilaporkan nihil kasus baru, Aceh tidak lagi masuk daftarnya.

"Tambahan kasus positif yang kita konfirmasi sebanyak 1.241 orang sehingga totalnya menjadi 34.316," ungkap juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB, Rabu (10/6/2020).

Tambahan kasus paling banyak terjadi di Jawa Timur. Menurut Yuri, penambahan kasus yang besar dalam beberapa hari terakhir terjadi karena tracing yang agresif oleh Gugus Tugas.

"Sebagian besar penambahan kasus ini adalah spesimen yang dikirimkan dari puskesmas dan dinas kesehatan. Tidak didominasi spesimen yang dikirim dari rumah sakit. Ini bukti tracing yang agresif dapat menangkap banyak kasus positif," terangnya.

Gugus Tugas juga melaporkan ada tambahan 715 pasien sembuh, sehingga totalnya menjadi 12.129. Hanya, masih ada 36 tambahan kasus kematian, sehingga jumlahnya ada 1.959 orang.

Pemerintah diketahui masih melakukan pengawasan terhadap orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 43.945. Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) ada 14.242.

Yuri menyebut ada 15 provinsi yang kenaikan kasus Corona di bawah angka 10. Selain itu dilaporkan, lima provinsi diketahui tak ada peningkatan kasus sama sekali.

Namun Aceh tidak lagi masuk dalam daftar daerah dengan nihil kasus baru. Padahal, dalam beberapa waktu, setidaknya tiga hari belakangan ini Aceh diketahui tidak ada penambahan kasus Corona.

"Ini jadi kabar gembira untuk kita bahwa daerah-daerah yang lain sudah bisa kita kendalikan dengan baik," sebut Yuri.

Berikut ini daftar 5 provinsi nihil tambahan kasus COVID-19:

1. Bengkulu: 0 kasus baru
2. Kalimantan Utara: 0 kasus baru
3. Kepulauan Riau: 0 kasus baru
4. Sulawesi Tengah: 0 kasus baru
5. Riau: 0 kasus baru

(elz/dhn)