Jelang New Normal, RS Krakatau di Cilegon Belum Berlakukan Jam Besuk

M Iqbal - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 15:44 WIB
Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM), Cilegon, Banten.
Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) (M. Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) di Cilegon, Banten, belum memberlakukan kembali jam besuk pasien. Pihak RS menyatakan jam besuk akan diberlakukan kembali saat situasi pandemi virus Corona (COVID-19) di Banten membaik.

"Belum bisa ada jam besuk kecuali keluarga sebagai pendamping," kata Humas RSKM Agus Wirawan saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (10/6/2020).

Pihak keluarga pun hanya diperbolehkan satu orang untuk mendampingi pasien. Pihak RS melarang pendamping pasien lebih dari satu orang.

"Keluarga satu (orang) bergantian," ujarnya.

Terkait sampai kapan larangan jam besuk tersebut, Agus mengatakan hingga kondisi pandemi COVID-19 membaik dan dirasa aman.

"Belum bisa ditentukan, sampai kondisinya agak membaik," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku khawatir terjadi penambahan kasus Corona saat pemberlakukan new normal atau kenormalan baru. Banten sendiri masih melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga 14 Juni untuk menekan penyebaran COVID-19.

Wahidin mengatakan Jakarta sebetulnya masih menjadi episentrum penyebaran virus Corona. Ada warga yang berduyun-duyun seperti di Stasiun Rangkasbitung ke Jakarta. Ia khawatir saat kembali ke Banten ada penambahan kasus Corona.

"Yang menjadi kekhawatiran kita pulang dari Jakarta ke sini, ini jadi transmitter," kata Wahidin di Serang, Banten, Senin (8/6).

(zak/zak)