Pakai Pelindung Cegah Corona, Driver Ojol Ini Disebut Mirip Gatotkaca

Abu Ubaidillah - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 11:13 WIB
Grab
Foto: Grab
Jakarta -

Wacana memasuki new normal telah mulai digaungkan pemerintah. Banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambutnya termasuk seperti kisah dari salah satu mitra pengemudi GrabBike Adhitya Saputra yang mengaku sempat dikatakan mirip seperti Gatotkaca saat pertama kali mengenakan protector yang diberikan oleh Grab.

"Kowe iki koyo Gatotkaca. Sebuah candaan yang saya terima pertama kali pakai protector yang diberikan Grab. Saya termasuk salah satu mitra GrabBike di Kota Yogyakarta yang mendapatkan alat pelindung itu pertama kali," ujar Adhitya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/6/2020).

Perlengkapan tersebut digunakan untuk melindungi diri dari wabah yang tak terlihat yang bisa saja didapatkan di jalanan. Saat seminggu pertama mengenakannya, Adhitya mengaku menjadi pusat perhatian, namun itulah yang meningkatkan perlindungan kesehatan baginya dan penumpang.

"Enaknya pakai pelindung tambahan bukan cuma meningkatkan perlindungan kesehatan, tapi penumpang yang saya bawa malah sering buka obrolan. Kadang obrolan basa-basi, kadang juga malah tanya-tanya fungsi ini-itunya. Saya sih senang-senang saja menjawabnya," kisahnya.

Ia menceritakan, sebelum menggunakan GrabBike Protect, beberapa penumpang sering menjaga jarak darinya, namun sekarang mereka merasa lebih aman ngobrol dengannya. Selain itu, GrabBike Protect yang dikenakan juga mengingatkannya untuk selalu menjaga kecepatan aman berkendara normal yakni sekitar 60-90 km/jam.

"Terlebih lagi, saya juga selalu siap masker tambahan, hand sanitizer, dan lap. Mau ada yang naik, saya semprot tangannya. Pas dia turun, motor yang saya semprot, begitu juga dengan pelindungnya. Jadi, aman untuk penumpang berikutnya," lanjutnya.

Sebagai informasi, persiapan new normal di Yogyakarta memang sedikit berbeda dengan kota-kota besar lainnya. Kota ini tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat adanya pandemi COVID-19, melainkan hanya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Ojek online pun masih diperkenankan mengangkut penumpang dan beroperasi di jalan-jalan sambil mengais rezeki. Inilah yang membuat mitra pengemudi GrabBike, Adhitya tidak berhenti untuk terus bekerja dan melayani penumpang di tengah pandemi.

Sementara itu, Director og 2-Wheels & Logistics Grab Indonesia, Tyas Widyastuti menyebut pandemi COVID-19 meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan kebersihan di berbagai industri sehingga Grab akan selalu fokus memberikan keamanan bagi para mitranya.

"Keamanan selalu menjadi fokus utama Grab dan melalui program seperti GrabProtect, kami telah meningkatkan standar kebersihan di industri ride-hailing. Bersama dengan mitra pengemudi, kami akan mendorong perilaku bersih yang lebih baik sebelum perjalanan dimulai," pungkasnya.

Simak video 'Perlengkapan Wajib Naik Ojol di Masa New Normal':

(akn/ega)