Menpan RB Ungkap Jabatan Eselon I Baru di Kejaksaan Agung

Deden Gunawan - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 09:54 WIB
Tjahjo Kumolo
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Vadhia Lidyana/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengungkapkan Kejaksaan Agung akan menambah satu jabatan eselon I. Pembahasan hal ini telah dilakukan bersama Menko Polhukam Prof Mahfud Md, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Jaksa Agung ST Burhanuddin, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, 5 Juni 2020.

"Ini sebagai penguatan kelembagaan Kejaksaan Agung. Jadi ternyata selama ini ada satu posisi yang kosong, yakni Jaksa Agung Muda (JAM) bidang Pidana Militer," kata Tjahjo dalam program Blak-blakan yang tayang di detikcom, Senin (8/6/2020).

Dari catatan detikcom, di lingkungan Kejaksaan Agung selama ini sudah ada JAM bidang Pidana Umum, Pidana Khusus, Perdata, Tata Usaha Negara, Pengawasan, dan Intelijen, selain Wakil Jaksa Agung.

Tentang kapan posisi JAM Pidana Militer akan diisi dan siapa figur yang akan menempatinya, kata Tjahjo, hal itu sepenuhnya diserahkan kepada Panglima TNI. Hanya, figur yang dimaksud harus sudah memiliki pangkat bintang dua atau tiga. "Kalau KemenPAN-RB nanti hanya menyiapkan peraturan administrasi saja, soal teknis Panglima TNI dan Jaksa Agung yang akan membahasnya," ujar mantan Menteri Dalam Negeri itu.

Sebelumnya, sebagai bagian dari reformasi birokrasi, KemenPAN-RB juga telah mengusulkan agar jabatan Kapolda di lingkungan Polri dan Pangdam di TNI diseragamkan diisi figur dengan pangkat bintang dua. Selanjutnya, untuk Danrem yang selama ini dijabat oleh figur berpangkat kolonel akan diisi bintang satu atau brigadir jenderal. "Sudah mulai berproses, ada penyesuaian sesuai kondisi di lapangan," kata Tjahjo.

(jat/jat)