Polisi Evakuasi Tunawisma di Jakbar yang Melahirkan di Semak-semak

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 18:16 WIB
Polisi Evakuasi Tunawisma di Jakbar yang Melahirkan di Semak-semak
Foto: Istimewa
Jakarta -

Anggota Polri dan TNI membantu mengevakuasi seorang ibu ke puskesmas setelah melahirkan seorang bayi. Wahati (41), melahirkan bayinya di semak belukar di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kapolsek Cengkareng Kompol H Khoiri menyebutkan pihaknya awalnya menerima informasi dari warga adanya seorang tunawisma yang melahirkan di semak-semak di Jalan Raya Duri Kosambi West One City RW 06, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (9/6/2020) siang tadi. Mendapatkan laporan tersebut anggota Bhabinkamtibmas Bripa Haris dan Babinsa Serta Deni mengecek ke lokasi.

Benar saja, Wahati telah melahirkan bayinya tanpa pertolongan orang lain. Kondisinya lemas saat ditemukan oleh anggota.

"Di TKP ibu dan bayi selamat, namun sang ibu terlihat pucat dan lemas usai persalinan yang dilakukannya sendiri," kata Kompol Khoiri dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (9/8).

Saat ditemukan, Wahati terbaring dengan bayinya di atas sebuah kasur yang hanya dipayungi terpal. Sementara kondisi bayinya hanya diselimuti kain.

Kondisi ari-ari masih menempel pada bayi berjenis kelamin laki-laki itu. Petugas kemudian menyetop angkutan umum untuk mengevakuasi Wahati dan bayinya.

"Bayinya sudah dievakuasi ke puskesmas dengan menggunakan angkutan umum," lanjutnya.

Saat proses evakuasi, hujan mengguyur lokasi. Saat ini Wahati dan bayinya masih dirawat di puskesmas.

(fas/mei)