Polisi Tangkap Terduga Teroris di Kalbar, Disinyalir Relawan ISIS

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 15:38 WIB
Densus 88 geledah rumah terduga di cirebon
Ilustrasi garis polisi (Sudirman Wamad/detikcom)
Jakarta -

Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris di Kalimantan Barat. Terduga teroris itu disinyalir sebagai simpatisan atau relawan ISIS.

"Densus 88 Antiteror Polri dan Brimob Polda Kalimantan Barat berhasil mengamankan seorang pemuda terduga teroris berinisial AR," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (9/6/2020).

AR ditangkap di sebuah depot galon di Kabupaten Mempawah, Kalbar, pada Jumat (5/6). Terduga teroris itu sempat mengunggah posting-an terkait ISIS di akun Facebook miliknya.

"Selama ini disinyalir telah berafiliasi dalam jaringan ISIS dan mengenal organisasi tersebut dari media sosial, yaitu Facebook. Awalnya aktivitas yang bersangkutan memang belum tampak, namun akhirnya AR berani tampil sebagai relawan ISIS yang diunggahnya melalui akun Facebook miliknya," ungkap Awi.

Dari penangkapan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya mobil dan peralatan listrik. Polisi juga mendapati amunisi hingga topi berlogo ISIS dari AR.

"Barang bukti yang disita oleh petugas berupa satu unit HP, satu unit mobil, dua buah pisau sangkur, amunisi senjata laras panjang, satu bungkus black powder, satu bungkus belerang, satu boks peralatan listrik, termasuk solder, baterai, dan kabel, topi lambang ISIS, jaket loreng, buku atau lembaran berisi jihad dan beberapa dokumen seperti KTP paspor buku tabungan kemudian," pungkasnya.

(abw/gbr)