Menhub Terbitkan Aturan Pengendalian Transportasi di Masa New Normal

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 14:12 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerbitkan Permenhub Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. Pihaknya mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan pengendalian transportasi.

Aturan ini mengganti Permenhub Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Budi Karya pada tanggal 8 Juni 2020. Permenhub Nomor 41 Tahun 2020 sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.



Para penumpang angkutan umum dan kendaraan pribadi, para operator sarana dan prasarana transportasi wajib melakukan penerapan protokol kesehatan, penerapan pembatasan jumlah penumpang dari jumlah kapasitas tempat duduk dan penerapan physical distancing mulai saat persiapan perjalanan, selama perjalanan, dan saat sampai tujuan atau kedatangan.


"Terkait pembatasan jumlah penumpang pada sarana transportasi akan ditetapkan selanjutnya oleh Menteri Perhubungan melalui Surat Edaran dan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan penyesuaian di kemudian hari," ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (9/6/2020).

Penjelasan lengkap Kemenhub ada di halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3