Sekolah Kedinasan yang Buka Pendaftaran Tahun 2020, Sudah Daftar?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 13:35 WIB
Para siswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) berkunjung dan melihat langsung KN Tanjung Datu Bakamla RI, yang bersandar di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta.
Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, salah satu sekolah kedinasan yang mulai membuka pendaftaran. (Foto: Pool)
Jakarta -
Sekolah kedinasan untuk taruna, praja, maupun mahasiswa sudah dibuka pada 8 Juni 2020 kemarin. Jika mau daftar, perhatikan dulu daftar sekolah apa saja yang dibuka.

Sekolah kedinasan adalah kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan. Informasi dibukanya sekolah kedinasan didapat dari keterangan resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Informasi pembukaan sudah bisa diakses pada Senin (8/6/2020) pukul 08.20 WIB melalui portal pendaftaran https://dikdin.bkn.go.id. Pendaftaran akan ditutup pada 23 Juni 2020 pukul pukul 23.59 WIB.

Pembukaan pendaftaran sekolah kedinasan ini dilakukan berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dengan nomor B/435/M.SM.01.00/2020. Terdapat 6 instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini yakni: Kemendagri (IPDN), BSSN (Politeknik SSN), Kemenkumham (Poltekip dan Poltekim), BIN (STIN), BPS (Politeknik Statistika STIS), dan Kemenhub (18 sekolah tinggi dan politeknik).

Pertanyaan yang berkaitan dengan proses pendaftaran sekolah kedinasan dapat diajukan ke https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/home. Untuk layanan helpdesk luring atau konsultasi tatap muka belum dibuka karena masih berlangsung masa transisi menuju kenormalan baru pandemi COVID-19.

Untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan pada Juli 2020 dengan tetap menyesuaikan status tanggap darurat non-bencana pandemi COVID-19. Jadwal dan format ujian dalam pelaksanaan seleksi lanjutan akan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan.

Berikut rincian sekolah kedinasan baik itu sekolah tinggi dan politeknik yang dibuka Kementerian Perhubungan yakni :

1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
2. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
3. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
4. Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang
5. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali
6. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
7. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
8. Politeknik Pelayaran Surabaya
9. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
10.Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
11. Politeknik Pelayaran Banten
12. Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
13. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
14. Politeknik Penerbangan Makassar
15. Politeknik Penerbangan Medan
16. Politeknik Penerbangan Surabaya
17. Politeknik Penerbangan Jayapura
18. Politeknik Penerbangan Palembang
Nah, jika tertarik untuk daftar di sekolah kedinasan persiapkan diri dan lengkapi semua syarat pendaftaran. Semoga berhasil!



(nwy/erd)