Operasi Ketupat Berakhir, Polisi Tetap Lakukan Pengecekan PSBB-SIKM

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 07:20 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus  (Samsdhuha Wildansyah-detikcom)
Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus (Samsdhuha Wildansyah-detikcom)
Jakarta -

Pemeriksaan Operasi Ketupat Jaya 2020 di wilayah Jadetabek telah berakhir sejak 7 Juni 2020. Namun, Polda Metro Jaya memastikan tetap melakukan pemeriksaan PSBB hingga SIKM di 33 titik pantau.

"PSBB masih berlaku, SIKM masih berlaku. Memang betul partroli yang ditingkatkan ini berakhir tadi malam, makanya teman-teman yang menjaga sudah ditarik, di Tol Cibitung sudah ditarik, tetapi DKI Jakarta tetap berlaku PSBB-nya dan SIKM-nya ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

Meski begitu, Yusri mengatakan pihaknya bersama TNI hingga Dishub DKI Jakarta masih melakukan penjagaan di 33 titik pantau terkait PSBB DKI Jakarta. Menurutnya seluruh kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta masih akan terus diperiksa.

"Kita periksa di pos PSBB di 33 titik yang sudah ada sejak PSBB sesuai Pergub yang ada. Ini masih berjalan di 33 titik, termasuk bandara, stasiun kereta, dan terminal ini masih berjalan. Orang masuk ke Jakarta SIKM masih berlaku dan masih berjalan karena PSBB masih berjalan. Anggota di pos-pos cek pantau masih dilakukan," ucapnya.

Selain itu, Yusri juga menyebut pihaknya saat ini melakukan pengawasan dan pemantauan di berbagai fasilitas umum di DKI Jakarta. Dia berharap masyarakat bisa disiplin mematuhi protokol kesehatan di fasilitas umum.

"Di sini intinya kita harapkan kedisiplinan masyarakat sebagai cara memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah dengan mematuhi kebijakan pemerintah, protokol kesehatan," ujarnya.

(maa/zap)